Peserta Silatnas APDESI Teriak Langsung di Depan Jokowi '3 Periode', Tito: Beliau Hanya Tersenyum
Silatnas APDESI yang dihadiri Presiden Jokowi/DOK via Youtube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak berkomentar dan hanya tersenyum saat kepala desa yang tergabung di Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menyuarakan dukungan tiga periode saat acara silaturahmi nasional.

Tito mengatakan, saat Presiden Jokowi menuju kendaraan dinasnya ada sejumlah anggota yang berteriak 'Pak Jokowi tiga periode'. Namun, tak ada komentar yang disampaikan oleh eks Gubernur DKI Jakarta itu dan dia hanya tersenyum.

"Pada saat beliau keluar mau menuju kendaraan, ada beberap yang biasalah ramai ingin foto segala macam. Sambil jalan melayanilah foto, ada yang teriak 'Pak Jokowi tiga periode' (kemudian, red) Pak Jokowi senyum saja," kata Tito kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 1 April.

Tito menegaskan teriakan itu terjadi bukan saat acara resmi. "Itu kan teriakan spontan," tegasnya.

Tito membantah acara Silatnas yang digelar Selasa, 29 Maret itu bernuansa politik. Tito menegaskan acara tersebut hanya sebatas membicarakan masalah yang ada di lingkup desa.

"Itu enggak ada bahasan politik apapun. Ini murni masalah desa yang Bapak Presiden memberikan atensi kepala desa yang engak main-main," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, APDESI menyatakan dukungannya agar Presiden Jokowi kembali menjabat ketiga kalinya pada 2024 mendatang. Dukungan tersebut disampaikan saat Jokowi menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Apdesi di Istora Senayan, Jakarta.

Jokowi saat itu hadir bersama sejumlah menterinya. Termasuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang sempat berbincang dengan para kepala daerah. Selanjutnya, APDESI akan melakukan deklarasi terhadap dukungan mereka ini. Rencananya, hal ini akan dilakukan setelah lebaran tahun ini.