Peziarah yang Datang ke TPU Tegal Alur Dapat Masker Gratis Cegah COVID-19
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres Jakarta Barat tetap menerapkan protokol kesehatan. Petugas membagikan masker kepada peziarah jelang bulan Ramadan.

​​​​

"Ada pembagian masker yang kami lakukan pada masa ziarah kubur jelang puasa Ramadan, kita berkeliling sekitar makam,” kata Kepala Satuan Pelaksana TPU Tegal Alur Wawin Wahyudi saat ditemui di lokasi makam di Jakarta, Jumat 1 April dilansir dari Antara.

Wawin mengatakan pembagian masker dilakukan setiap pukul 09.00, 11.00 dan pukul 14.00 WIB. Upaya tersebut guna mengantisipasi pengunjung yang tidak membawa masker standar, atau memerlukan masker tambahan selama berziarah.

Dia mengatakan puncak ziarah tahun ini telah berlangsung pada 27 Maret lalu dan kebanyakan merupakan peziarah yang berasal dari luar kota Jakarta.

Adapun selain pembagian masker, Wawin mengatakan TPU Tegal Alur juga menyediakan sarana cuci tangan di gerbang makam seluar 58 hektare tersebut.

Mengantisipasi kepadatan lantaran banyaknya peziarah yang datang ke makam, Wawin mengatakan pihaknya menyediakan petugas keamanan tiga kali lipat dari biasanya untuk mengatur alur peziarah.

“Puncak ziarah Ramadan 2022 itu di hari Minggu, karena memang warga menggunakan waktu luang untuk ziarah. Kami menyediakan petugas keamanan tiga kali lipat dari biasanya, dan memberlakukan kapasitas 75 persen pengunjung,” kata dia.

TPU Tegal Alur merupakan salah satu makam yang ditunjuk Pemprov DKI Jakarta sebagai tempat makam jenazah terpapar COVID-19. Makam korban COVID-19 di lokasi itu terdiri dari 4.700 makam Islam, dan 1.800 makam Kristen.

Sejak tahun 2021, lokasi tersebut tidak menerima pemakaman COVID-19 baru, kecuali pelayanan bagi makam tumpang keluarga.