Berlaku Mulai Hari Ini, Presiden Putin: Bayar Pakai Rubel atau Pasokan Gas Kami Potong
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Sumber: Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan, pembeli asing harus membayar gas Rusia pakai rubel mulai Hari Jumat ini atau pasokannya akan dipotong, langkah yang ditolak Eropa dan sama dengan 'pemerasan' menurut Jerman.

Keputusan Presiden Putin pada Hari Kamis membuat Eropa menghadapi prospek kehilangan lebih dari sepertiga pasokan gasnya. Jerman, yang paling bergantung pada Rusia, telah mengaktifkan rencana darurat yang dapat menyebabkan penjatahan di ekonomi terbesar Eropa itu.

Ekspor energi adalah pengungkit paling kuat Presiden Putin, saat ia mencoba untuk membalas sanksi Barat yang dijatuhkan pada bank-bank Rusia, perusahaan, pengusaha dan rekanan Kremlin, sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina, dengan Moskow menyebutnya sebagai operasi militer khusus.

Presiden Putin mengatakan, pembeli gas Rusia harus membuka rekening rubel di bank Rusia. Dari rekening inilah pembayaran akan dilakukan untuk pengiriman gas mulai besok (hari ini) atau 1 April.

"Jika pembayaran tersebut tidak dilakukan, kami akan menganggap ini sebagai default dari pihak pembeli, dengan semua konsekuensi berikutnya. Tidak ada yang menjual kami apa pun secara gratis, dan kami juga tidak akan melakukan amal, yaitu, kontrak yang ada akan dihentikan," ujarnya dalam pidato yang disiarkan televisi, mengutip Reuters 1 April.

Di bawah mekanisme yang ditetapkan oleh Presiedn Putin, pembeli asing akan menggunakan rekening khusus di Gazprombank untuk membayar gas. Gazprombank akan membeli rubel atas nama pembeli gas dan mentransfer rubel ke rekening lain, kata perintah itu.

Presiden Putin mengatakan, peralihan ke rubel akan memperkuat kedaulatan Rusia. Dia mengatakan, Barat menggunakan sistem keuangan sebagai senjata, dan tidak masuk akal bagi Rusia untuk berdagang dalam dolar dan euro, ketika aset dalam mata uang itu dibekukan.

"Apa yang sebenarnya terjadi, apa yang telah terjadi? Kami telah memasok konsumen Eropa dengan sumber daya kami, dalam hal ini gas. Mereka menerimanya, membayar kami dalam euro, yang kemudian mereka bekukan sendiri. Dalam hal ini, ada banyak alasan untuk percaya, kami mengirimkan sebagian dari gas yang disediakan ke Eropa secara praktis tanpa biaya," paparnya.

ilustrasi pipa gas
Ilustrasi pipa gas. (Wikimedia Commons/Glen Dillon)

"Itu, tentu saja, tidak dapat dilanjutkan," tandas Presiden Putin, meskipun dia mengatakan Rusia masih menghargai reputasi bisnisnya dan akan terus memenuhi kewajiban dalam kontrak gas dan lainnya.

Tidak segera jelas apakah dalam praktiknya mungkin ada cara bagi perusahaan asing, untuk melanjutkan pembayaran tanpa menggunakan rubel, yang telah dikesampingkan oleh Uni Eropa dan Kelompok G7.

Italia mengatakan telah melakukan kontak dengan mitra Eropanya, untuk memberikan tanggapan tegas kepada Rusia, menambahkan cadangan gasnya sendiri akan memungkinkan kegiatan ekonomi berlanjut bahkan jika terjadi gangguan.

Sementara itu, perusahaan energi Jerman mengatakan mereka sedang dalam pembicaraan dekat dengan Berlin tentang bagaimana menanggapi kemungkinan gangguan pasokan, menyusun peta jalan tentang apa yang harus dilakukan jika Rusia menghentikan ekspor gas.

Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters, pembayaran untuk gas yang dikirim pada bulan April pada beberapa kontrak dimulai pada paruh kedua April dan Mei untuk yang lain, menunjukkan bahwa keran mungkin tidak segera dimatikan.

Keputusan Putin untuk memberlakukan pembayaran rubel telah mendorong mata uang Rusia, yang jatuh ke posisi terendah bersejarah setelah invasi 24 Februari. Rubel sejak itu telah memulihkan banyak hal yang hilang.

"Apa yang terdengar muluk telah berubah menjadi badai dalam cangkir teh. Dengan menjadikannya penerima utama uang untuk gas, itu menempatkan perisai ekstra terhadap sanksi di sekitar Gazprombank," tutur Jack Sharples dari Institut Studi Energi Oxford.

Perusahaan dan pemerintah Barat telah menolak langkah apa pun untuk mengubah kontrak pasokan gas mereka ke mata uang pembayaran lain. Sebagian besar pembeli Eropa menggunakan euro. Para eksekutif mengatakan akan memakan waktu berbulan-bulan atau lebih lama untuk menegosiasikan kembali persyaratan.

Pembayaran dalam rubel juga akan menumpulkan dampak pembatasan Barat terhadap akses Moskow ke cadangan devisanya.

Sementara itu, negara-negara Eropa telah berlomba untuk mengamankan pasokan alternatif, tetapi dengan pasar global yang sudah ketat, mereka hanya memiliki sedikit pilihan. Amerika Serikat telah menawarkan lebih banyak gas alam cair (LNG) tetapi tidak cukup untuk menggantikan Rusia.

“Penting bagi kami untuk tidak memberikan sinyal bahwa kami akan diperas oleh Putin,” kata Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck, seraya menambahkan bahwa Rusia belum mampu memecah belah Eropa.

Pembayaran akan terus dilakukan dalam euro, kata Jerman.

Terpisah, Menteri Ekonomi Prancis Bruno Le Maire mengatakan Prancis dan Jerman sedang mempersiapkan kemungkinan penghentian aliran gas Rusia. Dia menolak untuk mengomentari rincian teknis terkait dengan tuntutan Rusia terbaru untuk pembayaran rubel.

Untuk diketahui, harga gas Eropa telah meroket seiring meningkatnya ketegangan dengan Rusia, meningkatkan risiko resesi. Perusahaan, termasuk pembuat baja dan bahan kimia, telah dipaksa untuk membatasi produksi. Harga gas Inggris dan Belanda, naik 4 persen sampai 5 persen setelah pengumuman Presiden Putin.