Solok Luncurkan Aplikasi Dukcapil, Berharap Transformasi Digital Kependudukan Tercapai
Ilustrasi KTP. (Antaranews)

Bagikan:

SOLOK - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan ingin melakukan transformasi digital kependudukan dengan meluncurkan aplikasi Dukcapil cerdas mobile. Namun sementara, belum bisa menangani KTP dan KIA.

"Solok Selatan akan meluncurkan aplikasi Dukcapil cerdas mobile sehingga pelayanan semua administrasi kependudukan bisa lewat nagari kecuali KTP dan KIA," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten itu Efi Yandri, di Padang Aro, Jumat 1 April.

Dia mengatakan, permohonan administrasi kependudukan cukup melalui ponsel berbasis android dan bagi masyarakat yang belum melek teknologi bisa datang ke nagari untuk meminta bantuan.

Bagi masyarakat yang meminta bantuan ke nagari, katanya akan dibantu oleh petugas di nagari untuk memasukkan serta mencetak data kependudukan.

Data kependudukan seperti Kartu Keluarga, katanya, bisa dicetak sendiri menggunakan kertas biasa karena tandatangannya sudah elektronik atau masyarakat bisa bantu pihak nagari.

"Peran nagari diharapkan lebih baik lagi sehingga masyarakat yang kurang paham teknologi hanya perlu datang ke nagari sebab lebih dekat," ujarnya, melansir Antara.

Dia menjelaskan, saat memasukkan data kependudukan secara digital pemohon juga diminta memasukkan alamat surat elektronik atau email.

"Dukcapil akan mengirim data kependudukan ke alamat surat elektronik sehingga akan memudahkan masyarakat," ujarnya.

Jika dokumen kependudukan hilang, katanya, masyarakat akan mudahkan mencetak karena sudah ada di email.

Sedangkan bagi yang meminta bantuan nagari katanya, cukup dengan mendatangi kantor wali nagari bersangkutan sehingga tidak perlu ke kantor Dukcapil.