Operasi Pencarian China Eastern Airlines Hampir Selesai: Seluruh Penumpang Teridentifikasi, Fokus pada Penyebab Kecelakaan
Pencarian korban kecelakaan pesawat China Eastern Airlines MU5737 (Sumber: China Daily)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas China fokus untuk menemukan penyebab masalah kecelakaan pesawat maskapai China Eastern Airlines dengan nomor penerbangan MU5735, seiring dengan hampir selesainya operasi pencarian dan penyelamatan yang digelar, menurut pejabat senior keselamatan penerbangan sipil.

"Kedua perekam penerbangan, atau kotak hitam, dari pesawat ditemukan dalam waktu tujuh hari setelah kecelakaan, dan identifikasi semua penumpang dikonfirmasi dalam waktu delapan hari. Saat ini, operasi pencarian dan penyelamatan utama hampir selesai," Zhu Tao, kepala Administrasi Penerbangan Sipil kantor keselamatan penerbangan China, mengatakan pada konferensi pers yang diadakan di Wuzhou wilayah otonomi Guangxi Zhuang, melansir China Daily 31 Maret.

China Eastern Airlines Penerbangan MU5735 meninggalkan kota barat daya Kunming pukul 13:11 waktu setempat pada 21 Maret, dengan membawa 123 penumpang dan sembilan awak. Pengendali lalu lintas udara kehilangan jejak pesawat di atas Wuzhou pada pukul 14:21. Semua orang di dalam pesawat dipastikan tewas pada Hari Sabtu.

Zhu mengatakan, tim penyelamat menemukan lebih dari 49.000 keping puing pesawat, termasuk bagian-bagian penting dari mesin dan sayap, pada Rabu. Mereka sedang didesinfeksi, dikategorikan dan diberi label untuk penyelidikan, yang merupakan tugas utama mulai sekarang, tambahnya.

"Kami akan melakukan penyelidikan secara objektif dan ilmiah," ujar Zhu.

"Kami tidak akan melewatkan satu poin pun untuk sampai ke dasar penyebab kecelakaan itu, dan mengembalikan kebenaran untuk mencegah kecelakaan serupa terulang kembali," paparnya.

Sambil menunggu pembacaan data kotak hitam, tim investigasi juga telah melakukan penyelidikan awal di lokasi kecelakaan. Selain itu, tim juga telah menganalisis data penerbangan yang direkam oleh sistem kontrol lalu lintas udara untuk memulihkan proses terbang MU5735, kata Zhu.

"Informasi tentang pesawat dan kargonya serta penumpang di dalamnya dan barang-barang mereka juga telah diperiksa," sebut Zhu.

Dia menambahkan, menurut perjanjian penerbangan sipil internasional, laporan awal tentang kecelakaan itu akan selesai dalam waktu 30 hari setelah kecelakaan itu. Setelah semua penyelidikan selesai, laporan lengkap akan dipublikasikan.