Jelang Ramadan Pemakaman di Jakarta Dipadati Peziarah, Termasuk TPU Pondok Kelapa
Warga melakukan kegiatan ziarah makam jelang Ramadan 2022 di TPU Pondok Kelapa, Jakarta, Minggu (27/3/2022). (ANTARA/Yogi Rachman)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah warga memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa Jakarta Timur untuk melakukan kegiatan ziarah menjelang bulan Ramadan 2022.

Salah satu warga, Suharjono, mengatakan, ia bersama keluarganya sudah rutin melakukan kegiatan ziarah makam menjelang bulan Ramadan.

"Menjelang bulan Ramadhan tahun ini, kami baru sempat ziarah sekarang, karena sebelumnya masih ada kerjaan," kata Suharjono di Jakarta, Minggu.

Pantauan di lokasi, banyak warga yang berziarah di TPU Pondok Kelapa. Para peziarah kebanyakan datang menggunakan kendaraan pribadi yang kendaraannya sudah mengular menjelang pintu masuk TPU Pondok Kelapa.

Arus lalu lintas di sekitar lokasi TPU tepatnya di Jl. Pondok Kopi Raya pun tersendat sepanjang kurang lebih satu kilometer. Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan niat warga untuk melakukan ziarah makam ke TPU Pondok Kelapa menjelang Ramadan.

"Tadi mau masuk ke sini lumayan macet jalannya, tapi mau gimana lagi karena mungkin banyak yang ziarah," ujar salah satu peziarah Ramadan 2022