Ramai Peziarah Jelang Ramadan 2024, Pedagang Bunga Musiman TPU Menteng Pulo Bersyukur Dapat Cuan
Pedagang bunga di TPU Menteng Pulo sedang melayani pembeli di Jakarta, Minggu (10/3/2024). ANTARA/Khaerul Izan

Bagikan:

JAKARTA - Pedagang bunga musiman yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan (Jaksel), mendapatkan berkah jelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah lantaran banyak peziarah datang ke TPU tersebut.

"Setiap jelang Ramadan pasti menjual bunga dan air mawar," kata pedagang bunga musiman di TPU Menteng Pulo, Faisal di Jakarta, Minggu 10 Maret, disitat Antara.

Menurut dia, peziarah banyak yang datang ke makam dua pekan menjelang Ramadan. Karena itu dia mencoba peruntungan dengan menjajakan bunga khas bagi para peziarah.

Setiap hari besar keagamaan, dia menyempatkan untuk menjual bunga di pinggir makam tersebut.

Menurut dia, bukan hanya menjelang Ramadan, tapi menjelang dan setelah Idul Fitri, Idul Adha dan bahkan ketika hari Natal pun banyak yang membeli kembang saat hendak berziarah ke makam kerabatnya.

"Bukan hanya menjelang Ramadhan, tapi Natal juga ramai peziarah," katanya.

Faisal mengaku sudah lebih 5 tahun menjual bunga ketika ada momentum hari raya besar keagamaan. Dia tidak hanya sendiri tetapi dibantu adik serta kakaknya untuk berjualan di pinggir jalan.

Faisal mengaku setiap harinya bekerja sebagai karyawan perusahaan swasta. Pada hari libur ini ia menyempatkan untuk membantu orang tuanya berjualan.

"Saya membantu ibu. Kalau ibu setiap hari jualan bunga di sini (TPU Menteng Pulo)," katanya.

Pedagang lainnya bernama Sri mengatakan bahwa setiap bungkus yang berisi dua sampai tiga macam bunga dijual Rp5.000. Sedangkan untuk air mawar per botol dijual Rp10.000.

Ia mengaku, dengan datangnya bulan Ramadan ini memberikan berkah baginya karena bisa mendapatkan pendapatan dari hasil menjual bunga. "Sehari omzet penjualan bisa mencapai Rp300 ribu sampai Rp500 ribu," pungkasnya.