Agak <i>Molor</i>, Seluruh Pembangunan Formula E Ditargetkan Rampung 100 Persen Pada 1 Mei
Sirkuit Formula E di kawasan Ancol Timur, Jakarta Utara (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol Timur, Jakarta Utara masih berjalan. Ditargetkan, seluruh pembangunan sirkuit dan sarana lainnya akan selesai pada awal bulan Mei mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Fraksi Gerindra DPRD Syarif saat meninjau langsung lokasi sirkuit.

"Hari ini kita meninjau (pembangunan sirkuit Formula E). Perkiraan saya 1 Mei sudah selesai semuanya, 100 persen," kata Syarif saat ditemui di lokasi, Jumat, 25 Maret.

Berdasarkan keterangan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), sambung Syarif, pembangunan sirkuit sedikit molor beberapa hari karena kendala cuaca. Pembangunan sirkuit itu sendiri dimulai sejak 3 Februari 2022.

Saat ini, progres pengaspalan sirkuit balapan mobil listrik dari zona 1 sampai 5 sudah mencapai 87 persen. Para pekerja masih melakukan pengerjaan lapisan kedua aspal sirkuit.

"Artinya, target itu sebelumnya tutup bulan ini, agak mundur dikit 2 sampai 3 hari karena ada review dari panitia. Sekitar awal April sudah selesai," ucap Syarif.

Setelah sirkuit selesai dibangun, PT Jakpro akan memulai pemasangan tribun, paddock, serta sarana lainnya sampai awal Mei 2022.

Bentuk trek Formula E disebut mirip seperti kuda lumping. Lalu, lokasi Jakarta International E-Prix Circuit ini memiliki 18 tikungan, 600 meter panjang trek lurus, arah lintasan searah jarum jam, dan panjang lintasan 2,4 kilometer.

Setelah selesai dibangun, sirkuit akan ditinjau dan diuji coba oleh FEO selaku pemegang lisensi Formula E. Sampai akhirnya, Formula E akan resmi digelar di Ancol pada 4 Juni 2022.