Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai, Jokowi: Jalan Ini Undang Minat Investasi
(Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan sebelum peresmian jalan tol (Tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Pekanbaru-Dumai yang panjangnya 131,5 kilometer secara daring. Jalan tol ini sudah bisa dioperasikan penuh untuk mendukung kegiatan masyarakat di Provinsi Riau maupun masyarakat di provinsi lainnya.

"Saya mendapat laporan keberadaan jalan tol ini sudah mengundang minat investasi untuk mengembangkan usaha di sekitar jalur tol ini, seperti membuka kawasan industri yang akan membuka lapangan pekerjaan," kata Jokowi dalam sambutannya sebelum meresmikan jalan tol tersebut yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 25 September.

Bukan hanya kawasan industri, keberadaan tol ini juga membuat pengusaha pengembang perumahan dan fasilitas pariwisata yang akan membentuk sentra ekonomi dan membuat banyaknya lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut, tol yang dibangun sejak tahun 2017 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp12,18 triliun tersebut menjadi bagian dari Jalan Tol Lintas Sumatera yang luasnya mencapai 2.878 kilometer. Diharapkan dengan adanya tol ini, konektivitas antara Pekanbaru yang merupakan Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai semakin meningkat. 

Apalagi jalan tol ini memperpendek jarak tempuh. Jika tadinya jarak tempuh dari Kota Pekanbaru-Kota Dumai mencapai 200 kilometer, kini lewat jalan tol tersebut jaraknya hanya 131 kilometer.

"Dengan kondisi ini truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, angkutan penumpang akan lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengingatkan pemerintah daerah serta warga masyarakat Pekanbaru dan Dumai agar memanfaatkan infrastruktur jalan tol ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan peluang usaha. Selain itu, kepada kepala daerah dia juga meminta agar minat investor yang akan masuk harus segera direspon.

"Sehingga pemerintah daerah dan masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan infrastruktur yang dibangun," ujarnya.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai hari ini," kata dia saat melakukan peresmian sebelum acara ditutup.