Anies Tambah Lajur Sepeda Thamrin-Sudirman Tiap Akhir Pekan
FOTO ILUSTRASI VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambah satu lajur untuk sepeda sepanjang Jalan Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman setiap Sabtu-Minggu atau hari libur nasional.

"Silakan dimanfaatkan untuk bersepeda bersama teman dan keluarga," kata Anies lewat akun Instagram @aniesbaswedan dikutip Antara, Sabtu, 19 Maret. 

Lajur sepeda yang dinamakan "pop up bike lane" itu diberlakukan pada Sabtu atau libur nasional pukul 05.30 - 08.30 WIB serta hari Minggu 05.30 - 09.00 WIB.

Lajur sepeda tersebut menggunakan sebagian jalur lalu lintas di samping jalur permanen.

"Tetap jaga protokol kesehatan dan taati rambu-rambu lalu lintas, serta saling menghormati pengguna jalan lain," katanya.

Sebelumnya, Anies menargetkan 170 kilometer jalur sepeda di Ibu Kota hingga akhir 2021.

Per Juni 2021, total jalur sepeda di DKI Jakarta mencapai 63 kilometer, salah satu yang paling terkenal adalah jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman di Jakarta Pusat-Jakarta Selatan.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menargetkan membangun jalur sepeda dengan panjang sekitar 190 kilometer pada 2022.

"Itu termasuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) maupun kegiatan strategis daerah," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, setelah rapat dengan Komisi B di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis (20/1).

Menurut dia, penambahan jalur itu untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat yang beralih menggunakan sepeda, baik untuk olahraga atau transportasi untuk bekerja.

Syafrin mengungkapkan pada 2019 terjadi peningkatan hingga 1.000 persen pengguna sepeda di Jakarta.