Dukung Anies Baswedan, Fadli Zon: Jalur Sepeda Bagus, Jangan Dibongkar!
Politisi Partai Gerindra Fadli Zon (Foto: Instagram @fadlizon)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal keberadaan jalur sepeda permanen di Jalan. 

Fadli Zon menilai, jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta tak perlu dibongkar. Hal ini dikatakan Fadli merespon usulan pembongkaran jalur sepeda tersebut.

"Menurut saya jalur khusus sepeda di Jakarta sudah bagus, jangan dibongkar," ujar Fadli Zon dalam akun Twitter @fadlizon, Jumat, 18 Juni.

Ketua BKSAP DPR itu mengatakan, jalur sepeda merupakan sebuah infrastruktur hidup sehat. Bahkan kata dia, banyak negara sudah menerapkan lajur khusus pesepeda. 

Tangkap layar Twitter Fadli Zon 

 

"Baik sbg transportasi alternatif maupun olahraga," kata Fadli lagi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengkaji ulang jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman- MH Thamrin yang dibuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Mohon kiranya Pak Kapolri evaluasi tentang jalur permanen sepeda yang sudah ada di Sudirman-Thamrin," kata Sahroni, dalam rapat kerja Komisi III DPR RI bersama Polri di Gedung Parlemen, Senayan, Rabu, 16 Juni.

Bahkan, Sahroni menyarankan agar jalur sepeda permanen dengan biaya program sebesar Rp30 miliar itu untuk dibongkar. Sebab, selain rawan kecelakaan, jalur permanen itu menyulitkan kendaraan lain jikanlalu lintas padat.

"Mohon kiranya Pak Kapolri dengan jajarannya, terutama ada Korlantas di sini untuk menyikapi jalur permanen dikaji ulang. Bila perlu dibongkar dan semua pelaku jalan bisa menggunakan jalan tersebut," ungkapnya.

Selain itu, Sahroni juga meminta Kapolri menjaga agar jangan sampai ada lagi isu diskriminasi antarpesepeda. Hal ini mengacu pada uji coba jalur sepeda khusus road bike di Jalan Layang Nontol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang dan Sudirman-Thamrin.