Jadi Wakil Kepala Badan Otorita IKN, Dhony Rahajoe Bakal <i>Resign</i> dari Sinar Mas Land
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Dhony Rahajoe resmi dilantik sebagai Wakil Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini.

Usai dilantik, Dhony mengaku dirinya sedang mempersiapkan pengunduran diri dari perusahaan Sinar Mas Land. Pada perusahaan tersebut, Dhony menjabat sebagai Managing Director President Office Sinarmas Land.

"Saya pribadi, sejak dilantik ini sudah menyiapkan pengunduran diri dari Sinar Mas, Sinarmas Land, dan perusahaan-perusahaan yang terkait. Jadi akan fokus untuk melaksanakan tugas yang cukup akbar, sangat berat ini," kata Dhony dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 10 Maret.

Dhony mengaku pada Rabu, 9 Maret kemarin, dirinya baru menerima perintah Jokowi untuk menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Otorita IKN.

Riwayat penunjukan Dhony untuk memimpin Nusantara diawali dengan kunjungan Jokowi ke kawasan Green Office Park, BSD City yang dikelola Sinar Mas Land pada Jumat, 24 Desember 2021.

Saat itu, Dhony bertemu Jokowi dalam rangka melihat progres pembangunan kota baru oleh pihak swasta. Kepada Jokowi, Dhony menjelaskan tentang konsep pengembangan kawasan kota yang nantinya akan diadaptasi untuk pembangunan IKN.

Sampai akhirnya, Dhony mengaku mendapat telepon dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan ditawarkan menjadi Wakil Kepala Badan Otorita IKN.

"Saya dihubungi oleh pak Pratikno seminggu setelah kunjungan presiden ke tempat pengembangan pusat pertumbuhan baru di BSD. Setelah itu, cukup panjang diskusi, diminta pendapat-pendapat. Baru hari Rabu kemarin itu ada perintah yang diminta saya untuk membantu menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara," jelas dia.

Sementara, Kepala Badan Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono yang merupakan mantan Wakil Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014. Bambang juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian.