Akui Kemerdekaan Wilayah Donetsk dan Lugansk, Presiden Putin Kirim Pasukan ke Ukraina Timur
Penandatanganan pengakuan Republik Donetsk dan Lugansk di Kremlin oleh Presiden Putin. (Sumber Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur sebagai wilayah merdeka pada Senin, memerintahkan tentara Rusia untuk melancarkan apa yang disebut Moskow sebagai operasi penjaga perdamaian ke wilayah itu, mempercepat krisis yang dikhawatirkan Barat dapat memicu perang besar.

Presiden Putin mengatakan kepada Kementerian Pertahanan Rusia untuk mengerahkan pasukan ke dua wilayah itu untuk menjaga perdamaian, dalam sebuah dekrit yang dikeluarkan tak lama setelah mengumumkan pengakuan bagi separatis yang didukung Rusia di sana, yang menarik kecaman Amerika Serikat dan Eropa dengan ancaman sanksi baru.

Tidak segera jelas apakah aksi militer Rusia akan dianggap oleh Barat sebagai awal invasi ke Ukraina, yang telah diperingatkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya selama berminggu-minggu, sejak daerah itu sudah dikuasai oleh separatis yang didukung Rusia dan Moskow pada tahun itu

Tidak ada kata tentang jumlah kekuatan yang dikirim Presiden Putin, tetapi dekrit itu mengatakan Rusia sekarang memiliki hak untuk membangun pangkalan militer di wilayah yang memisahkan diri. Sementara misi pasukan adalah untuk menegakkan perdamaian.

pemimpin donetsk
Pemimpon Donetsk Denis Pushilin. (Sumber: Kremlin.ru)

Dalam pidato panjang di televisi yang dipenuhi dengan keluhan terhadap Barat, Presiden Putin, yang tampak marah, menggambarkan Ukraina sebagai bagian integral dari sejarah Rusia. Ia mengatakan Ukraina timur adalah tanah Rusia kuno dan dia yakin, rakyat Rusia akan mendukung keputusannya.

Televisi pemerintah Rusia menunjukkan Presiden Putin, bergabung dengan para pemimpin separatis yang didukung Rusia, menandatangani dekrit yang mengakui kemerdekaan dua wilayah yang memisahkan diri Ukrain, Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri dan Republik Rakyat Lugansk, bersama dengan perjanjian kerja sama dan persahabatan.

Menentang peringatan Barat terhadap langkah seperti itu, Presiden Putin telah mengumumkan keputusannya dalam panggilan telepon kepada para pemimpin Jerman dan Prancis sebelumnya, di mana menurut Kremlin mengecewakan kedua pemimpin negara tersebut.

Dalam pidatonya, Presiden Putin menyelidiki sejarah sejauh kekaisaran Ottoman dan ketegangan atas ekspansi NATO ke timur, hal yang sangat mengganggu Moskow dalam krisis saat ini.

Dengan keputusannya, Presiden Putin menepis peringatan Barat bahwa langkah seperti itu akan ilegal, mematikan negosiasi damai dan memicu sanksi.

"Saya menganggap perlu untuk membuat keputusan yang seharusnya sudah dibuat sejak lama, untuk segera mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk," tegas Presiden Putin mengutip Reuters 22 Februari.

pemimpin lugansk
Pemimpin Lugansk Leonid Pasechnik. (Sumber: Kremlin.ru)

Dia mengatakan sebelumnya, "jika Ukraina bergabung dengan NATO, itu akan menjadi ancaman langsung bagi keamanan Rusia."

Presiden Putin telah bertahun-tahun bekerja untuk memulihkan pengaruh Rusia atas negara-negara yang muncul setelah runtuhnya Uni Soviet, dengan Ukraina memegang tempat penting dalam ambisinya.

Rusia menyangkal rencana untuk menyerang tetangganya, tetapi telah mengancam tindakan "teknis militer" yang tidak ditentukan kecuali menerima jaminan keamanan menyeluruh, termasuk janji bahwa Ukraina tidak akan pernah bergabung dengan NATO.

Dengan pengakuan atas wilayah yang dikuasai separatis, membuka jalan bagi Presiden Putin untuk mengirim pasukan militer ke sana, dengan alasan bahwa dia melakukan intervensi sebagai sekutu untuk melindungi separatis dari pasukan Ukraina.

Namun, langkah ini akan mempersempit opsi diplomatik untuk menghindari perang, karena ini merupakan penolakan eksplisit terhadap gencatan senjata tujuh tahun yang dimediasi oleh Prancis dan Jerman, yang disebut-sebut sebagai kerangka kerja untuk negosiasi di masa depan mengenai krisis yang lebih luas.