Pasukan Ukraina Menata Ulang Kekuatan untuk Pertahankan Donetsk Usai Kehilangan Lugansk, Penasihat Presiden Zelensky: Kemenangan Terakhir Rusia
Ilustrasi dampak serangan Rusia di Ukraina. (Wikimedia Commons/State Emergency Service of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Rusia mulai melirik target operasi berikutnya di Provinsi Donetsk timur Ukraina pada Hari Selasa, usai Presiden Vladimir Putin mengklaim kemenangan di Lugansk, saat perang yang sudah memasuki bulan kelima kini ada di fase baru.

Penaklukan Kota Lysychansk pada Hari Minggu menyelesaikan penaklukan Rusia atas Lugansk, salah satu dari dua wilayah di Donbas, wilayah timur industri Ukraina yang telah menjadi tempat pertempuran terbesar di Eropa dalam beberapa generasi.

Kedua belah pihak telah menderita banyak korban dalam perjuangan untuk Lugansk, terutama selama pengepungan kota kembar Lysychansk dan Sievierodonetsk. Kedua kota telah ditinggalkan dalam reruntuhan oleh pemboman Rusia tanpa henti.

"Kota itu sudah tidak ada lagi," kata Nina, seorang ibu muda yang melarikan diri dari Lysychansk untuk berlindung di pusat Kota Dnipro, melansir Reuters 5 Juli.

"Praktisnya telah terhapus dari muka bumi. Tidak ada pusat distribusi bantuan kemanusiaan, itu telah dihantam. Bangunan yang digunakan untuk menampung pusat itu tidak ada lagi. Sama seperti banyak rumah kami," sambungnya.

Sementara itu, pasukan Ukraina pada Hari Selasa mengambil garis pertahanan baru di Donetsk, di mana mereka masih menguasai kota-kota besar, saat Presiden Putin mengatakan kepada pasukannya untuk "benar-benar beristirahat dan memulihkan kesiapan militer mereka", dengan unit di daerah lain terus berjuang.

ukraina
Pasukan Rusia di Ukraina. (Wikimedia Commons.Mil.ru)

Terpisah, pasukan Rusia menembaki Kota Sloviansk dan Kramatorsk semalam, menurut Pavlo Kyrylenko, gubernur Donetsk.

"Mereka sekarang juga menjadi garis utama penyerangan musuh. Tidak ada tempat yang aman tanpa penembakan di wilayah Donetsk," jelasnya tentang kota-kota itu.

Sejak awal konflik, Rusia telah menuntut agar Ukraina menyerahkan Lugansk dan Donetsk kepada separatis pro-Moskow, yang telah mendeklarasikan negara bagian independen.

"Ini adalah kemenangan terakhir bagi Rusia di wilayah Ukraina," Oleksiy Arestovych, penasihat Presiden Volodymyr Zelenskiy, mengatakan dalam sebuah video yang diunggah online.

"Ini adalah kota-kota berukuran sedang. Dan ini berlangsung dari 4 April hingga 4 Juli, itu 90 hari. Begitu banyak kerugian," sambungnya.

Lebih lanjut Arestovych mengatakan, selain pertempuran untuk Donetsk, Ukraina berharap untuk melancarkan serangan balasan di selatan negara itu.

"Mengambil kota-kota di timur berarti 60 persen pasukan Rusia sekarang terkonsentrasi di timur dan sulit bagi mereka untuk diarahkan ke selatan," paparnya.

"Dan tidak ada lagi kekuatan yang bisa didatangkan dari Rusia. Mereka membayar mahal untuk Sievierodonetsk dan Lysychansk."

Beberapa ahli militer berpendapat, kemenangan yang diperjuangkan dengan susah payah hanya membawa sedikit keuntungan strategis bagi pasukan Rusia, dan hasil dari apa yang dijuluki "pertempuran Donbas" tetap dalam keseimbangan.

pasukan rusia
Kendaraan militer Rusia yang berhasil dihancurkan di Ukraina (Wikimedia Commons/mvs.gov.ua/Міністерство внутрішніх справ України)

"Saya pikir ini adalah kemenangan taktis bagi Rusia tetapi dengan biaya yang sangat besar," kata Neil Melvin dari think tank RUSI di London. Dia membandingkan pertempuran itu dengan pertempuran besar untuk mendapatkan sedikit keuntungan teritorial yang menjadi ciri Perang Dunia Pertama.

"Ini membutuhkan waktu 60 hari untuk membuat kemajuan yang sangat lambat. Rusia mungkin menyatakan semacam kemenangan, tetapi pertempuran perang kunci masih belum datang."

Melvin mengatakan pertempuran yang menentukan untuk Ukraina kemungkinan akan terjadi bukan di timur, tempat Rusia meningkatkan serangan utamanya, tetapi di selatan, di mana Ukraina telah memulai serangan balasan untuk merebut kembali wilayah.

"Di sinilah kita melihat Ukraina membuat kemajuan di sekitar Kherson. Ada serangan balik dimulai di sana dan saya pikir kemungkinan besar kita akan melihat momentum ayunan ke Ukraina ketika mencoba untuk kemudian melakukan serangan balasan skala besar untuk mendorong Rusia kembali," paparnya.

Kemarin, Presiden Zelensky mengatakan, meskipun penarikan Ukraina dari Lysychansk, pasukannya terus berjuang.

"Angkatan bersenjata Ukraina merespons, mendorong kembali dan menghancurkan potensi ofensif penjajah hari demi hari," ujar Presiden Zelenskiy dalam pesan video malam.

"Kita perlu menghancurkannya. Ini tugas yang sulit. Ini membutuhkan waktu dan upaya manusia super. Tapi kita tidak punya alternatif," sambungnya.

Untuk diketahui, pertempuran untuk Lugansk adalah yang paling dekat yang dicapai Moskow untuk mencapai salah satu tujuannya, sejak pasukannya dikalahkan dalam upaya merebut Kyiv pada bulan Maret. Ini menandai kemenangan terbesar Rusia sejak merebut pelabuhan selatan Mariupol pada akhir Mei.