Negara Lain Mulai Terapkan Endemi COVID-19, Luhut: Kita Jangan Latah Ikut-ikutan
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut saat ini sejumlah negara sudah mulai melonggarkan pembatasan kegiatan.

Bahkan, negara tersebut sudah mulai menerapkan transisi dari pandemi COVID-19 menuju endemi. Endemi adalah wabah yang terus terjadi namun terbatas pada wilayah tertentu.

Beda dengan pandemi yang perlu menerapkan pengetatan khusus, kebijakan endemi diterapkan untuk mengembalikan kehidupan masyarakat ke kondisi normal dan menganggap COVID-19 sebagai penyakit biasa.

Negara yang telah menerapkan transisi menuju endemi di antaranya Inggris, Denmark, hingga Singapura. Namun, Luhut tak mau Indonesia juga menerapkan kebijakan tersebut secara tergesa.

"Kita tidaklah perlu latah ikut-ikutan seperti negara tersebut," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin, 21 Februari.

Luhut mengungkapkan, pemerintah akan melakukan transisi ini secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan berbasiskan data indikator kesehatan, ekonomi dan sosial budaya, serta terus menerapkan prinsip kehati-hatian.

"Usulan konsep, kriteria dan Indikator pandemi ke endemi dari waktu ke waktu masih akan terus disempurnakan dengan para pakar dan ahli di bidangnya," ujar dia.

Saat ini, pemerintah tetap menerapkan kebijakan PPKM untuk mengendalikan pandemi. PPKM di Jawa-Bali kembali diperpanjang selama seminggu ke depan, mulai tanggal 22 hingga 28 Februari.