Di Mataram NTB, Pasien Isoman COVID akan Dilayani langsung 'Artis Cantik', Pesannya Mudah Lewat Nomor Ini
Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Mataram, NTB dr Hj Ni Ketut Eka Nurhayati (ANTARA)

Bagikan:

MATARAM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menyiapkan 'Artis Cantik' untuk pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri dan sudah berkonsultasi melalui layanan telemedisin. 

'Artis Cantik' adalah petugas khusus untuk mengantar obat gratis. Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Mataram dr Hj Ni Ketut Eka Nurhayati mengatakan, petugas yang disiapkan ini sudah terintegrasi dengan PSC 119.

Sehingga pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri bisa langsung mengakses layanan secara online baik itu konsultasi, pemenuhan obat-obatan serta vitamin yang dibutuhkan.

"Selanjutnya untuk obat-obatan dan vitamin akan diantar langsung oleh petugas layanan antar obat secara gratis (artis cantik) hingga ke rumah pasien," katanya di Mataram, Antara, Jumat, 18 Februari.

Layanan telemedisin terhadap lebih dari 1.000 pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri, kata Eka, sepenuhnya diberikan secara gratis. Melalui layanan telemedis pihaknya juga bisa melakukan pengawasan sekaligus penanganan dini terhadap perkembangan kondisi pasien.

"Apakah kondisi pasien masih memungkinkan isolasi mandiri ataukah harus segera dirawat inap. Jangan sampai sudah parah baru dibawa ke rumah sakit, dan akhirnya tidak bisa tertangani atau meninggal," katanya.

Menurutnya, hingga saat ini pasien COVID-19 yang sudah memanfaatkan layanan telemedis melalui nomor 085931061540 (telepon atau 'wahatsApp') serta layanan darurat dapat menghubungi nomor 119/(0370) 620009 atau 087777577119 untuk konsultasi via web sangat banyak.

"Jumlah riilnya masih kita proses, yang pasti sangat banyak apalagi pasien COVID-19 yang isolasi mandiri di atas 1.000 orang," katanya.

Sedangkan pasien COVID-19 yang bergejala atau yang sedang dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Mataram, tambah Eka, saat ini tercatat sebanyak 49 orang, demikian Ni Ketut Eka Nurhayati.