RSUD Mataram Siagakan Nakes 24 Jam Saat Libur Tahun Baru, Termasuk Dokter Spesialis
Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram Hj Ni Ketut Eka Nurhayati (ANTARA)

Bagikan:

MATARAM - Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiagakan jadwal jaga tenaga kesehatan (nakes) 24 jam saat libur tahun baru 2022, agar masyarakat bisa terlayani secara optimal.

"Libur tahun baru tidak berpengaruh terhadap layanan kami, sebab kami sudah siapkan jadwal nakes, termasuk dokter spesialis yang siaga 24 dan siap melayani masyarakat," kata Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram Ni Ketut Eka Nurhayati di Mataram, Antara, Rabu, 29 Desember. 

Menurutnya, saat hari libur tahun baru pada tanggal 1-2 Januari 2022, pelayanan yang tutup hanya di poliklinik atau untuk rawat jalan, sementara layanan pasien gawat darurat tetap dilayani ke instalasi gawat darurat (IGD).

"Jadi untuk jadwal jaga nakes sudah kami siapkan," katanya.

Di sisi lain, RSUD Kota Mataram juga memiliki tim public service center (PSC) 119 Mataram Emergency Medical Service (MEMS), yang dapat memberikan layanan perawatan kesehatan di rumah saat libur.

Layanan kesehatan di rumah melalui 119 di RSUD Mataram selama libur tahun baru, katanya, tetap berjalan normal dengan pengaturan jadwal untuk petugasnya.

"PSC 119 merupakan salah satu terobosan yang memberikan kontribusi pada penanganan kedaruratan, khususnya penanganan kedaruratan prahospital atau sebelum masyarakat pengguna layanan mendapat penanganan di rumah sakit," katanya, menambahkan.

Eka menyampaikan bahwa pihkanya juga menyiapkan layanan setelah libur tahun baru agar tidak terjadi antrean panjang, sebab biasanya setelah libur terjadi peningkatan terhadap kunjungan pasien reguler di poliklinik hingga dua kali lipat.

"Saat kondisi normal, tingkat kunjungan pasien reguler bisa mencapai sekitar 500 lebih," sebut Eka.