Tak Perlu Tunggu Lama, Obat Isoman COVID-19 Gratis Kini Bisa Diambil Langsung ke Apotek Kimia Farma
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan kini membolehkan obat isolasi mandiri (isoman) karena COVID-19 bisa diambil secara langsung di seluruh apotek Kimia Farma. Sebelumnya, pasien isoman hanya bisa menunggu obat gratis ini dikirimkan ke rumah masing-masing.

“Layanan Isoman nya masih ada. Bahkan semua obat sudah bisa diambil langsung ke apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya, Senin, 7 November.

Nadia memaparkan, jika hasil tes positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis atau mendapatkan status "pasien memenuhi syarat untuk menebus resep’ di web ISOMAN.

Kemudian, pasien isoman dapat menghubungi WhatsApp Kemenkes pada nomor 081110500567 untuk mendapatkan layanan telemedisin.

"Layanan telemedisin gratis ini dapat diakses bagi masyarakat yang melakukan tes PCR/Antigen di lab yang terafiliasi Kementerian Kesehatan," ucap Nadia.

Kemudian, pasien dengan NIK terdaftar bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedisin secara GRATIS, di menu Konsultasi, dan memasukan kode voucher "ISOMAN" di aplikasi yang dipilih.

Setelah melakukan konsultasi secara Daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman atau layak isoman, maka pasien dengan NIK terdaftar akan mendapatkan paket obat dengan jenis obat sesuai ketentuan.

Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien dengan NIK terdaftar mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu "Pesan Obat" dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, melengkapi alamat pengiriman, dan memberikan persetujuan syarat dan ketentuan paket obat.

"Pasien bisa memilih jasa pengiriman pick up atau ambil sendiri langsung ke apotek Kimia Farma yang ditentukan sistem. Setiap pengambilan akan diberikan kode paket yang dikirimkan langsung melalui WhatsApp konfirmasi tebus resep ke nomor pasien," tutur Nadia.

Pasien dilarang mengambil sendiri obat isoman dan harus diwakilkan. Sebagai catatan, obat bisa diambil gratis namun biaya pengiriman, jika ada, ditanggung oleh masing-masing pasien.

"Silakan menggunakan layanan ojek online dan atau wali pasien dengan keadaan sehat untuk mengambil paket dengan biaya yang ditanggung sendiri oleh pasien," ujarnya.