Ilmuwan Temukan Bayi Hiu Hantu Langka dengan Tantakel Seks di Kepalanya
Bayi hiu hantu. (Twitter/@BritFinucci)

JAKARTA - Para ilmuwan telah menemukan hiu hantu langka yang baru lahir di lepas pantai Pulau Selatan, Selandia Baru.

Tapi jangan biarkan nama seram itu membodohi Anda, karena ikan karang dasar ini tidak seseram beberapa kerabatnya yang bergigi tajam.

Bayi hiu itu ditemukan di kedalaman 1.200 meter oleh para ilmuwan dari National Institute of Water and Atmospheric Research. Spesies laut dalam yang baru menetas sebenarnya adalah chimaera yang berarti, meskipun terkait erat dengan hiu dan pari, evolusinya menyimpang dari mereka secara genetik sekitar 400 juta tahun yang lalu.

Dikenal juga sebagai ikan tikus, ikan spook atau ikan kelinci, karena gigi dan matanya yang besar, ikan bertulang rawan ini dapat tumbuh hingga panjang antara 60 sentimeter hingga 2 meter.

Ada sekitar 50 spesies chimaera yang dikenal di seluruh dunia. Sebagian besar tidak dipelajari dengan baik karena mereka hidup di kedalaman 500 meter atau lebih, membuat mereka sulit untuk diamati di habitat aslinya.

hiu hantu dewasa
Hiu hantu dewasa. (Twitter/@BritFinucci)

Menghabiskan hidup mereka di dasar laut, hiu hantu adalah pemakan dasar yang memakan cacing laut, bulu babi, kepiting, dan moluska. Seperti sepupu hiu mereka, mereka menggunakan elektroresepsi, yang membantu mereka merasakan arus listrik organisme lain, untuk mencari mangsanya dalam kegelapan, karena hampir tidak ada cahaya alami di kedalaman ini.

Lantas, bagaimana cara hiu hantu kawin? Mirip dengan kerabat dalam keluarga hiu, hiu hantu jantan memiliki kait seks yang bisa ditarik di kepala mereka. Organ seks ini digunakan untuk menahan betina di tempat selama sanggama, sementara dua organ clasper lainnya di daerah panggul membuahinya.

Hiu hantu betina memiliki dua rahim, yang memungkinkannya bertelur lebih dari satu di dasar laut. Embrio hiu hantu berkembang di dalam kapsul telur ini dan memakan kuning telur sampai siap menetas.

"Anda dapat mengatakan, hiu hantu ini baru saja menetas karena perutnya penuh dengan kuning telur," kata Ilmuwan Perikanan NIWA Dr Brit Finucci, yang merupakan bagian dari tim yang membuat penemuan itu, mengutip Euronews 16 Februari.

"Ini cukup mencengangkan. Sebagian besar hiu hantu air dalam dikenal sebagai spesimen dewasa, neonatus jarang dilaporkan sehingga kami hanya tahu sedikit tentang mereka."

Meskipun tes lebih lanjut diperlukan untuk menentukan spesies yang tepat dari hiu hantu ini, Dr Finucci yakin penemuan langka dan menarik ini akan memberi para ilmuwan wawasan baru tentang kehidupan ikan yang hidup di dalam ini.

"Dari spesies chimaera yang dipelajari dengan lebih baik, kita tahu bahwa remaja dan dewasa dapat memiliki kebutuhan makanan dan habitat yang berbeda. Remaja juga terlihat berbeda dengan orang dewasa, memiliki pola warna yang khas."

"Menemukan hiu hantu ini akan membantu kita lebih memahami biologi dan ekologi kelompok misterius ikan air dalam ini." pungkasnya.