Empat Staf Senior PM Boris Johnson Mengundurkan Diri, Kepala Staf hingga Kepala Kebijakan Downing Street 10
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Wikimedia Commons/UK Prime Minister)

Bagikan:

JAKARTA - Empat staf terdekat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengundurkan diri pada Hari Kamis, hari yang bergejolak bagi pemerintahannya, ketika tengah mencoba mengatur ulang pemerintahannya dalam menghadapi serangkaian skandal yang menempatkan posisinya dalam bahaya.

Perdana Menteri Johnson menghadapi krisis yang berkembang di tengah kemarahan atas serangkaian pesta yang diadakan di kediaman resmi sekaligus kantornya di Downing Street 10 selama penguncian virus corona.

Beberapa anggota parlemen dari partai pendukungnya, Partai Konservatif, yang marah telah menyerukan pengunduran dirinya, menuntut perombakan operasi Downing Street-nya jika dia ingin tetap berkuasa.

Pada Hari Kamis, tiga ajudan utamanya, Kepala Staf Dan Rosenfield, Sekretaris Pribadi Utama Martin Reynolds dan Direktur Komunikasi Jack Doyle, semuanya mengundurkan diri dalam apa yang menurut beberapa anggota parlemen Konservatif (MP) tampak seperti awal dari pengaturan ulang yang agak tidak terorganisir.

Namun, yang keempat berhenti karena duri yang dibuat Johnson pada pemimpin oposisi utama Partai Buruh, sesuatu yang juga dikritik oleh menteri keuangannya.

"Pada Hari Senin Boris Johnson menjanjikan perubahan kepada anggota parlemen. Malam ini kita melihat perubahan itu mulai terjadi dan saya menyambut tindakan cepat perdana menteri ini," kata anggota parlemen Stuart Anderson di Twitter, salah satu dari sejumlah pendukung PM Johnson seperti mengutip Reuters 4 Februari.

PM Johnson berjanji untuk mengubah gaya kepemimpinannya, setelah laporan pegawai negeri senior Sue Gray mengenai pertemuan yang diadakan di kantor dan kediaman Downing Street, mengutuk "kegagalan serius kepemimpinan".

Rosenfield, Reynolds, dan Doyle secara langsung terkait dengan pertemuan tersebut, dengan Reynolds dilaporkan telah mengirim email yang meminta peserta untuk "membawa minuman Anda sendiri" ke salah satunya.

Kendati demikian, Kantor PM Johnson mengatakan Rosenfield dan Reynolds akan tetap di pos mereka untuk sementara waktu. Apakah pembersihan di tim teratas PM Johnson akan cukup untuk mengatasi krisis, masih harus dilihat.

PM Johnson, yang memenangkan mayoritas besar untuk Konservatif dalam pemilihan 2019, juga telah dikutuk minggu ini karena menuduh pemimpin Partai Buruh Keir Starmer gagal menuntut Jimmy Savile, salah satu pelanggar seks terburuk di Inggris, selama menjabat sebagai Direktur Penuntutan Umum ( DPP).

Klaim palsu yang menurut Starmer, PM Johnson sama dengan "meniru teori konspirasi fasis yang kejam", telah membuat marah tidak hanya lawan tetapi juga beberapa di dalam partainya sendiri.

PM Johnson telah menolak untuk meminta maaf tetapi mundur dari komentar pada hari Kamis, dengan mengatakan "banyak orang menjadi sangat panas di bawah kerah".

"Saya tidak berbicara tentang catatan pribadi pemimpin oposisi ketika dia, DPP dan saya benar-benar mengerti bahwa dia tidak ada hubungannya secara pribadi dengan keputusan itu."

Namun hal itu gagal memuaskan Munira Mirza, kepala kebijakan yang telah bekerja dengannya selama 14 tahun, dan mendorongnya untuk berhenti dari pekerjaannya, dan juga memicu kritik dari Menteri Keuangan Rishi Sunak.

"Ini bukan potongan dan dorongan politik yang biasa, itu adalah referensi yang tidak pantas dan partisan untuk kasus pelecehan seks anak yang menghebohkan," majalah The Spectator mengutip Mirza mengatakan dalam sebuah surat kepada PM Johnson.

"Saya harap Anda menemukan dalam diri Anda untuk meminta maaf atas kesalahan penilaian yang dibuat di bawah tekanan besar. Ini belum terlambat bagi Anda tetapi, saya minta maaf untuk mengatakan, sudah terlambat bagi saya."

Ditanya apakah perdana menteri seharusnya meminta maaf, Menteri Sunak, yang bersama dengan menteri luar negeri Liz Truss dianggap sebagai pesaing utama untuk menggantikan Johnson jika dia dipaksa keluar, mengatakan: "Sejujurnya, saya tidak akan mengatakannya, dan saya senang perdana menteri mengklarifikasi apa yang dia katakan."

Mengutip BBC, berikut empat staf senior PM Boris Johnson yang mengundurkan diri dari jabatannya.

Kepala kebijakan di Downing Street No.10, Munira Mirza telah bekerja untuk Boris Johnson selama 14 tahun, termasuk ketika dia menjadi Walikota London, dan dipandang sebagai salah satu penasihatnya yang paling tepercaya.

Jack Doyle bekerja sebagai jurnalis untuk Daily Mail sebelum bergabung dengan Downing Street No.10. Dia dilaporkan telah menghadiri salah satu pertemuan Natal pada Desember 2020, di mana dia berterima kasih kepada staf atas pekerjaan mereka.

Martin Reynolds adalah pegawai negeri dan bekerja sebagai Sekretaris Pribadi Utama Boris Johnson. Dalam peran itu, dia mengepalai kantor pribadi PM. Dia bertanggung jawab untuk mengirim email undangan kepada staf yang mengundang mereka ke minuman jarak sosial di taman Downing Street No 10 pada Mei 2020.

Dan Rosenfield bergabung dengan Downing Street No.10 sebagai kepala staf pada Januari 2021, dan pernah bekerja di Departemen Keuangan untuk mantan kanselir Alistair Darling dan George Osborne. Dia mengambil alih pekerjaan kepala staf dari ajudan lama Johnson, Sir Edward Lister.