Boris Johnson Dituding Berbohong kepada Parlemen, Wakil PM Inggris: Omong Kosong
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Wikimedia Commons/Palácio do Planalto)

Bagikan:

JAKARTA - Klaim mantan penasihat senior Boris Johnson, jika Perdana Menteri Inggris berbohong kepada parlemen tentang tidak mengetahui tentang pesta penguncian di Downing Street adalah omong kosong, kritik wakilnya pada Hari Selasa.

Ditanya apakah masa jabatan perdana menteri telah berakhir, jika dapat dibuktikan dia telah berbohong kepada parlemen, Wakil Perdana Menteri Dominic Raab berkata: "Dengar, ungkapan dia berbohong adalah omong kosong."

"Dia menjelaskan kepada House of Commons, mengajukan pertanyaan tentang ini, bahwa dia pikir itu adalah acara kerja," terang Raab kepada Times Radio, mengutip Reuters 18 Januari.

PM Johnson pekan lalu meminta maaf kepada parlemen karena menghadiri pertemuan "bawa minuman Anda sendiri" di taman Downing Street 10, kediaman dan kantor resmi PM Inggris pada 20 Mei 2020, tetapi mengatakan dia mengira itu adalah acara kerja.

Dominic Cummings, seorang arsitek keluarnya Inggris dari Uni Eropa dan mantan penasihat senior PM Johnson yang meninggalkan pemerintah di bawah persyaratan sengit pada November 2020 mengatakan di Twitter, perdana menteri telah setuju pesta minuman harus dilanjutkan.

"Bukan hanya saya, tetapi saksi mata lain yang membahas hal ini pada saat bersumpah di bawah sumpah, inilah yang terjadi," kata Cummings di blognya,

Ditanya apakah Johnson harus mengundurkan diri jika dia berbohong, Raab mengatakan dia tidak akan berspekulasi tentang hipotetis.

Permintaan maaf PM Johnson datang setelah ITV News menerbitkan undangan email dari Sekretaris Utama PM Johnson, Martin Reynolds ke acara 20 Mei 2020, meminta peserta untuk "membawa minuman keras Anda sendiri".

Cummings mengatakan, setelah Reynolds diberitahu untuk membatalkan undangan oleh setidaknya dua orang, Reynolds memeriksa dengan PM Johnson apakah itu harus dilanjutkan.

"PM menyetujuinya," ujar Cummings di blognya.

Pegawai negeri senior Sue Gray sedang menyelidiki sekitar selusin tuduhan pelanggaran aturan oleh PM Johnson, tim dan pejabatnya di kediaman resmi 10 Downing Street. Sementara, para menteri senior mengatakan orang-orang perlu menunggu kesimpulan dari penyelidikannya.

Namun, skandal tersebut telah membuat peringkat pribadi PM Johnson anjlok, dukungan terhadap Partai Konservatifnya merosot dalam jajak pendapat. Selain itu, semakin banyak anggota parlemen Konservatif mengatakan dia sekarang harus mengundurkan diri.

"Saya akan menyerukan tindakan terhadap siapa pun yang terbukti melanggar aturan," tulis Menteri Kesehatan Junior Maria Caulfield di situsnya.

"Jelas bahwa ada budaya di dalam Nomor 10 (Downing Street) di mana bahkan jika aturan tidak dilanggar secara teknis, semangat aturan tetap ada, dan ini sama sekali tidak dapat diterima."