Mengaku Hadiri Pesta saat Penguncian COVID-19 di Kediaman Resminya, PM Inggris Boris Johnson Minta Maaf
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Wikimedia Commons/Адміністрація Президента України)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meminta maaf pada Hari Rabu, karena menghadiri pertemuan di kediaman resminya selama penguncian virus corona pertama di negara itu, dengan oposisi menuntut dia mengundurkan diri.

Untuk pertama kalinya PM Johson mengakui dia menghadiri pesta di Downing Street 10, kediaman resmi PM Inggris, pada 20 Mei 2020, ketika aturan COVID-19 membatasi pertemuan sosial seminimal mungkin, mengatakan dia memahami kemarahan publik yang disebabkan oleh pengungkapan tersebut.

"Saya tahu kemarahan yang mereka rasakan terhadap saya, atas pemerintah yang saya pimpin ketika mereka berpikir, bahwa di Downing Street sendiri aturan tidak diikuti dengan benar oleh orang-orang yang membuat aturan," ujar PM Johnson kepada parlemen, mengutip Reuters 12 Januari.

Dia mengatakan menyesali tindakannya dan mengira pertemuan itu adalah acara kerja, pernyataan yang mengundang ejekan dan tawa dari anggota parlemen oposisi.

"Saya pergi ke taman itu tepat setelah pukul enam pada 20 Mei 2020 untuk berterima kasih kepada sekelompok staf, sebelum kembali ke kantor saya 25 menit kemudian untuk terus bekerja," ungkap PM Johnson.

boris johnson
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Wikimedia Commons/Palácio do Planalto)

"Dengan melihat ke belakang, aku seharusnya mengirim semua orang kembali ke dalam," sambungnya.

Pengakuan ini mengundang para pemimpin semua partai oposisi utama menyerukan pengunduran dirinya.

Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer mengatakan, publik, yang memberi Johnson kemenangan besar dalam pemilihan pada Desember 2019 setelah dia berjanji untuk mengamankan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, menganggapnya pembohong.

"Pesta sudah selesai, perdana menteri," tukas Starmer.

"Setelah berbulan-bulan penipuan dan penipuan, tontonan menyedihkan dari seorang pria yang telah kehabisan jalan. Pembelaannya dia tidak menyadari berada di sebuah pesta sangat konyol, yang sebenarnya menyinggung publik Inggris."

Kemarahan telah tumbuh sejak ITV News melaporkan Johnson dan pasangannya Carrie, berbaur dengan sekitar 40 staf di taman Downing Street setelah Sekretaris Utama Pribadi Martin Reynolds mengirim undangan, meminta peserta untuk "membawa minuman Anda sendiri". Sekretaris pers Johnson mengatakan perdana menteri belum melihat email itu.

Banyak orang, termasuk beberapa anggota parlemen, telah menggambarkan bagaimana aturan menjauhkan mereka dari ranjang orang-orang terkasih yang sekarat pada Mei lalu, berbeda dengan peristiwa di Downing Street.

Sejumlah anggota parlemen Konservatif yang mendukung PM Johnson, mengatakan mengatakan tanggapannya pada Hari Rabu terhadap kehebohan yang berkembang akan menentukan masa depannya.

"Dia mengambil banyak air dan mulai tenggelam tapi belum tenggelam," ujar salah satu dari mereka kepada Reuters.

Yang lain, Christopher Chope, mengatakan pernyataan Johnson adalah "permintaan maaf yang paling hina" yang pernah dia dengar dari seorang menteri pemerintah dan orang-orang akan menerimanya.

boris johnson
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Wikimedia Commons/UK Prime Minister)

Sementara politisi yang lain tidak yakin.

"Saya khawatir, kedengarannya seperti secara politis perdana menteri adalah orang mati yang berjalan," ujar anggota parlemen Konservatif Roger Gale, yang telah mengirimkan surat yang menyerukan leadership challenge. Untuk memicu ini, 54 dari 360 anggota parlemen Konservatif di parlemen harus menulis surat tidak percaya kepada ketua "Komite 1922" partai.

Dua tahun yang lalu, Boris Johnson mendapatkan mayoritas Konservatif terbesar sejak Margaret Thatcher pada tahun 1987, setelah berjanji untuk menyelesaikan Brexit. Dia telah memimpin kampanye untuk meninggalkan Uni Eropa dalam referendum 2016.

Tetapi, serangkaian kesalahan langkah dalam segala hal mulai dari skandal keji dan renovasi mewah flatnya hingga penanganannya terhadap krisis COVID-19 dan sekarang pesta Downing Street telah menguras modal politiknya.

Bulan lalu, David Frost, yang merundingkan kesepakatan perpisahan PM Johnson di Uni Eropa, berhenti sebagai menteri Brexit, mengatakan dia prihatin dengan arahan pemerintah.

Dua jajak pendapat singkat pada hari Selasa menunjukkan lebih dari setengah responden berpikir PM Johnson harus mengundurkan diri. Bulan lalu, Konservatif kehilangan kursi parlemen yang telah mereka pegang selama hampir 200 tahun sementara keunggulan nyaman partai atas Partai Buruh dalam jajak pendapat telah menguap.

Taruhan memangkas peluang mereka untuk menggantikan PM Johnson sebagai perdana menteri tahun ini, dengan pemilihan lokal pada bulan Mei dipandang sebagai momen bahaya lainnya.

Ketika rincian pertemuan pertama kali muncul, PM Johnson mengatakan dia tidak bisa berkomentar sampai seorang pejabat senior pemerintah, Sue Gray, menyimpulkan penyelidikan atas tuduhan lain, awalnya ditolak, bahwa dia dan pejabatnya mengadakan pesta yang melanggar aturan.

Menanggapi seruan pengunduran dirinya, dia kembali menunda penyelidikan Gray.

"Saya tidak dapat mengantisipasi kesimpulan dari penyelidikan saat ini, saya telah cukup belajar untuk mengetahui bahwa ada hal-hal yang kami tidak benar. Dan saya harus bertanggung jawab," tukas PM Johnson.

Sementara parlemen bergema dengan tuntutan untuk pengundurannya, penulis biografi Johnson Andrew Gimson mengatakan PM Johnson tidak mungkin mundur kecuali dipaksa oleh rekan-rekan parlementernya.

"Dia akan mencari jalan melalui ini. Dia bukan tipe orang yang mengundurkan diri," tukas Gimson.