Surat Kabar Inggris Terbitkan Foto PM Boris Johnson yang Diduga Gelar Pertemuan di Taman saat Penguncian COVID-19
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Wikimedia Commons/Адміністрація Президента України)

Bagikan:

JAKARTA - Surat kabar Inggris Guardian pada Hari Minggu menerbitkan foto Perdana Menteri Boris Johnson dan lebih dari selusin orang lainnya, minum anggur di taman kediamannya Downing Street No.10 yang katanya diambil selama penguncian COVID-19 pada Mei 2020.

Sebagai tanggapan, kantor PM Boris Johnson mengatakan ada rapat staf di taman hari itu.

PM Johnson telah dilanda serangkaian berita media dalam beberapa pekan terakhir atas dugaan pesta Natal di kantor-kantor pemerintah, termasuk miliknya sendiri, tahun lalu yang melanggar penguncian COVID-19 dan telah memerintahkan penyelidikan.

Laporan tersebut telah mengecewakan pemilih yang diperintahkan oleh pemerintah untuk mengorbankan acara Natal mereka sendiri tahun lalu, dan yang menghadapi kemungkinan diberitahu untuk mengekang rencana Natal mereka untuk tahun kedua berjalan karena varian Omicron menyebar dengan cepat.

Gambar yang diterbitkan oleh Guardian dilaporkan berasal dari Mei 2020, tidak lama setelah Johnson keluar dari rumah sakit tempat ia menghabiskan beberapa malam dalam perawatan intensif dengan COVID-19.

Ini menunjukkan Johnson dengan istrinya Carrie, yang tampaknya menggendong putra mereka yang baru lahir, dan dua orang lainnya di sebuah meja di teras di taman Downing Street dengan keju dan anggur.

Di dekatnya ada meja lain yang terdiri dari empat orang, dan tidak jauh dari sana ada kelompok yang lebih besar berdiri di atas rumput di sekitar meja dengan botol-botol anggur.

Ketika ditanya tentang gambar itu, juru bicara Downing Street mengatakan: "Rapat kerja sering diadakan di taman Downing Street pada bulan-bulan musim panas. Pada kesempatan ini ada rapat staf setelah konferensi pers No. 10," mengutip Reuters 20 Desember.

"Downing Street adalah rumah Perdana Menteri dan juga tempat kerjanya. Istri Perdana Menteri tinggal di No. 10 dan karena itu juga menggunakan taman secara sah."

Surat kabar itu mengatakan, foto itu dibagikan dengannya setelah kantor PM Johnson pekan lalu membantah telah terjadi acara sosial, dengan mengatakan staf Downing Street bekerja di kebun pada sore dan malam hari.

Pada saat yang sama, Menteri Kesehatan ketika itu Matt Hancock telah memberikan konferensi pers yang mendesak orang-orang untuk mematuhi aturan dan tidak memanfaatkan cuaca baik selama akhir pekan untuk bersosialisasi dalam kelompok, lapornya.