Superyacht Orang Terkaya di Dunia Jeff Bezos Mau Lewat, Jembatan Bersejarah Rotterdam Bakal Dibongkar
Koningshaven Bridge Rotterdam, Belanda. (Wikimedia Commons/Joop van Houdt)

Bagikan:

JAKARTA - Kota pelabuhan Belanda, Rotterdam, Rabu mengatakan akan membongkar sementara jembatan bersejarah untuk memungkinkan superyacht yang dibangun untuk pendiri Amazon Jeff Bezos melintas

Kapal pesiar raksasa Jeff Bezos senilai 430 juta euro atau setara Rp6.981.130.551.900, terlalu besar untuk Jembatan Koningshaven yang ikonik, jembatan bersejarah yang dibangun tahun 1878 dan dibangun kembali setelah dibom oleh Nazi saat Perang Dunia II tahun 1940.

Galangan kapal yang membangun superyacht di Alblasserdam, dekat Rotterdam tersebut, telah meminta dewan lokal untuk membongkar bagian tengah jembatan, sehingga dapat melintasi jembatan tersebut.

"Itu satu-satunya rute ke laut," kata juru bicara walikota Rotterdam kepada AFP seperti melansir France24 3 Februari, seraya menambahkan Bezos, orang terkaya di dunia versi Forbes dengan harta senilai 177 miliar dolar AS akan menanggung biaya operasi itu.

de hef
Koningshaven Bridge Rotterdam, Belanda. (Wikimedia Commons/GraphyArchy)

Tetapi, keputusan itu telah membuat marah beberapa orang di Belanda karena dewan lokal berjanji, setelah renovasi besar pada tahun 2017 mereka tidak akan pernah lagi membongkar jembatan, yang dikenal oleh Rotterdammers sebagai De Hef.

Kantor walikota bersikeras pada manfaat ekonomi dan pekerjaan yang diciptakan oleh pembangunan kapal, tetapi berjanji jembatan itu akan dibangun kembali dalam bentuknya yang sekarang.

Bagian tengah jembatan bersusun baja besar itu akan dibongkar, untuk memberi jarak yang cukup bagi kapal setinggi 40 meter (130 kaki), lapor media Belanda.

Prosesnya akan memakan waktu beberapa minggu dan diperkirakan akan berlangsung pada musim panas ini.

Jeff Bezos (57) adalah salah satu orang terkaya di dunia, setelah mengubah toko buku online Amazon menjadi raksasa belanja global.

Saat tidak bepergian melalui laut dengan superyacht, ia dapat ditemukan meluncur ke luar angkasa dengan kapsul Blue Origin miliknya.