Turki Bersiap Mulai Produksi Prototipe Kapal Serbu Domestik untuk Angkatan Laut
Ilustrasi kapal perang Turki. (Wikimedia Commons/Beterbocu)

Bagikan:

JAKARTA - Turki akan memulai pembangunan kapal prototipe dalam lingkup proyek kapal serbu tipe Turki, kata kepala Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB), Senin.

"Kami akan memulai pembangunan kapal prototipe dalam lingkup kapal serbu tipe Turki," kata Kepala SSB Ismail Demir, mengutip Daily Sabah 31 Januari.

Dia berbicara pada pertemuan tentang tujuan industri pertahanan pada tahun 2022 di markas besar kontraktor pertahanan Turki, Havelsan, di ibu kota Ankara.

Dalam lingkup Proyek Kapal Serbu Tipe Turki yang diprakarsai oleh SSB, "Perjanjian Desain Kontrak Term-1 Proyek Kapal Serbu Tipe Turki" ditandatangani antara SSB dan kontraktor pertahanan terkemuka STM pada 31 Agustus 2020.

Kapal serbu produksi dalam negeri diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk melindungi kepentingan negara di laut sekitarnya, dengan kemampuan manuver yang efektif, daya serang yang tinggi dan sistem nasional yang akan mereka bawa.

Sementara STM, yang juga telah mengerjakan proyek besar lainnya seperti pengembangan kapal selam MÄ°LGEM (Kapal Nasional), adalah kontraktor utama proyek kapal serbu, didukung dengan perusahaan pertahanan terkemuka lainnya, yakni Aselsan Roketsan dan Havelsan semuanya merupakan bagian dari proyek tersebut.

Dalam rangka tugas pembentukan dan pemeliharaan kontrol maritim di wilayah operasional Komando Angkatan Laut Turki (DzKK); persyaratan sistem, pemilihan konsep, desain awal dan aktivitas desain kontrak akan dilakukan untuk Kapal Serbu Tipe Turki pada akhir 2022.

Kapal-kapal ini rencananya akan dikirim ke angkatan laut untuk menghancurkan dan/atau menonaktifkan elemen musuh dan menjamin kelangsungan hidup elemen angkatan laut.

Proyek Kapal Serbu Tipe Turki sangat penting untuk DzKK, yang secara aktif menggunakan kapal perang, terutama di Laut Aegea dan Mediterania Timur.

Pada pertemuan Senin, Demir lebih lanjut mengatakan mereka juga akan memulai integrasi drone Bayraktar TB3 ke kapal serbu amfibi Anadolu.

"Proyek kendaraan laut tak berawak baru akan dimulai," tambahnya.

Unmanned combat aerial vehicle (UCAV) Bayraktar TB3, yang saat ini sedang dikembangkan di fasilitas Baykar, merupakan varian dari Bayraktar TB2 dan direncanakan untuk menjadi kapal unggulan.

Untuk diketahui, kapal serbu amfibi multiguna unggulan diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2022. Ditetapkan untuk menjadi kapal induk pertama dan nasional negara itu, TCG Anadolu akan meningkatkan kemampuan operasional angkatan laut.

Meskipun kapal akan membawa helikopter tempur di dek pendaratannya, Turki tidak mengoperasikan pesawat yang dapat lepas landas dari kapal tersebut. Namun, TB3, dengan desain sayap lipat, dapat digunakan dari landasan pacu angkatan laut yang pendek.

Terkait