Sapa Kang Emil dengan Sebutan ‘Sahabat’, Zulhas Punya Maksud Tertentu
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di podium Zulhas Award/ Foto: Mery Handayani/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan secara khusus menyapa Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan sebutan sahabat. Padahal, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Menteri BUMN Erick Thohir juga berada dalam satu tempat yang sama.

Momen itu terjadi saat Zulkifli Hasan, memberikan pidato kebudayaan dalam acara bertajuk Zulhas Award di Perpustakaan Nasional, Sabtu, 29 Januari.

"Gubernur Jawa Barat, sahabat saya Ridwan Kamil," ujar Zulhas.

Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan, mengungkap bahwa ada maksud tertentu mengapa dirinya hanya menyapa gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu dengan panggilan sahabat. Namun sayang, ia tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Saya panggil sahabat ada maksudnya. Yang tahu Amanat Institute," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi sikap Zulhas. Menurut Kang Emil, sapaan sahabat yang dilontarkan untuk dirinya, merupakan bentuk kedekatan dengan Zulhas.

"Karena kan sering komunikasi. Kalau baru sekali namanya tamu. Kalau kedua namanya teman. Ketemu tiga kali namanya sahabat. Saya ketemu bang Zul udah lebih dari tiga kali," ucap Kang Emil.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki hubungan yang dengan partai berlambang matahari itu.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Ridwan Kamil merupakan sahabat dekat. Bahkan dianggap seperti saudara sendiri.

Viva juga mengatakan, Zulkifli dan Ridwan juga beberapa kali bertemu dan berdiskusi membicarakan masa depan bangsa. Visi Ridwan juga dinilai cocok dan selaras dengan PAN.

Karena itu, PAN melihat Ridwan Kamil sebagai figur potensial untuk diusung sebagai calon presiden. Namun, jika PAN akan mengusung Ridwan Kamil, maka harus diputuskan dalam Rakernas.