Ridwan Kamil Keliling Widya Chandra, Sempat Temui Zulkifli Hasan Tanya Soal Koalisi Indonesia Bersatu
Ridwan Kamil menemui Zulkifli Hasan/FOTO Instagram zul.hasan

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil melakukan perjalanan politik berkeliling Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan untuk menemui dua tokoh penting.

Mereka yang ditemui Ridwan Kamil pada Minggu, 15 Mei yakni Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Mengawali kunjungannya itu, Kang Emil—sapaan Ridwan Kamil— bertandang ke rumah dinas Zulhas. Menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi Hari Raya Idulfitri.

"Sore ini di tengah Jakarta yang diguyur hujan, saya menerima tamu istimewa dari Bandung. Gubernur Jawa Barat @ridwankamil jauh-jauh dari Bandung untuk silaturahmi setelah lebaran. Kami pun berdiskusi panjang selama lebih dari dua jam," kata Zulhas melalui akun Twitter pribadinya @ZUL_Hasan yang dikutip Senin, 16 Mei.

Dalam pertemuan yang digelar selama dua jam itu, Zulhas mengaku banyak topik yang dibicarakan. Salah satunya, RK sempat bertanya kepada Zulhas mengenai Koalisi Indonesia Bersatu.

"Tentu kami pun berdiskusi soal situasi politik dan kebangsaan hari ini. Kang Emil tanya soal Koalisi Indonesia Bersatu yang baru saya bentuk bersama Pak Airlangga dan Pak Suharso minggu lalu," ujar Zulhas.

Koalisi Indonesia Bersatu merupakan koalisi yang dibentuk oleh Partai Golkar, PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Kamis malam, 12 Mei lalu.

Mendapat pertanyaan itu, Zulhas mengatakan fokus koalisi ini adalah membawa politik gagasan. Dia meyakini, Indonesia bakal lebih baik jika ada gagasan, melakukan terobosan, dan menjaga persatuan.

"Sehat selalu Kang Emil. Terima kasih sudah berkunjung ke Widya Chandra," tulis Zulhas diakhir cuitannya.

Selain Zulhas, Kang Emil kemudian berkunjung ke rumah dinas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga yang juga berada di Widya Chandra.

Setelah pertemuan tertutup dengan Airlangga, Kang Emil sempat menyampaikan respons masyarakat Jawa Barat terhadap koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk Golkar, PAN dan PPP. Dia mengklaim warganya merespons keberadaan koalisi tersebut dengan positif.

"Ketiga ada berita koalisi tuh, di bawah bagus responnya ke Pak Airlangga. Pak, koalisi ini responnya sangat positif dan harapan-harapan dan tentunya mudah-mudahan, ini mendukung sisa jabatan saya,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga memastikan akan mendukung langkah Partai Golkar, termasuk cita-cita dari Airlangga di 2024. Dia mengatakan, hal ini sebagai balas budi karena Golkar telah mengusung dan memenangkan dirinya pada Pemilahan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat pada 2018 lalu.

"Saya mendukung cita-cita Pak Airlangga. Kapasitas beliay dan tangung jawab juga besar, termasuk kalau nanti ada dimensi-dimensi politik yang mungkin tidak bisa dihitung dari sekarang," kata Kang Emil saat itu.

"Pasti saya berbalas budilah terhadap dukungan Golkar di Jawa Barat," pungkasnya.