Tumben! Peringatkan Keras Rusia, Tapi Menlu Blinken Sebut AS Enggan Jatuhkan Sanksi
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (Sumber: Kementerian Luar Negeri Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada Hari Minggu menolak seruan untuk segera menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Rusia, dengan mengatakan hal itu akan melemahkan kemampuan Barat untuk mencegah potensi agresi Rusia terhadap Ukraina.

Pengumpulan pasukan Rusia di dekat perbatasannya dengan Ukraina telah memicu kekhawatiran Barat, mereka mungkin akan menyerang. Jika Rusia benar-benar melakukan serangan, Barat telah mengancam sanksi dengan efek ekonomi yang mendalam.

Sementara, pejabat Moskow berulang mengatakan pihaknya tidak memiliki rencana untuk menyerang negara yang menjadi bagian dari pecahan Uni Soviet tersebut.

"Ketika sampai pada sanksi, tujuan dari sanksi tersebut adalah untuk mencegah agresi Rusia. Jadi, jika itu dipicu sekarang, Anda kehilangan efek jeranya,” kata Blinken kepada CNN dalam sebuah wawancara, seperti dikutip 24 Januari.

Menlu Blinken membela keengganan pemerintah untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia terlebih dahulu, meskipun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak AS dan sekutunya untuk menghukum Moskow sekarang karena penumpukan pasukan besar-besaran di sepanjang perbatasan Ukraina.

"Semua hal yang kami lakukan, termasuk membangun secara bersatu dengan Eropa, konsekuensi besar bagi Rusia, dirancang untuk menjadi faktor Presiden (Vladimir) Putin. kalkulus dan untuk mencegah sekaligus menghalangi mereka mengambil tindakan agresif, bahkan saat kita mengejar diplomasi pada saat yang sama," sambungnya.

Berbeda dengan AS, Inggris mengancam Rusia dengan sanksi setelah Inggris menuduh Kremlin berusaha menempatkan pemimpin pro-Rusia di Ukraina, seperti melansir Reuters.

Sementara, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan kepada Washington Post pekan lalu, bahwa dia mendukung penerapan sanksi sekarang, pandangan yang didukung oleh anggota Parlemen AS.

"Kita perlu bertindak sekarang. Ketika harus melawan Rusia, kita perlu menunjukkan kekuatan dan tidak berada dalam posisi peredaan," Senator Republik Joni Ernst, anggota Komite Angkatan Bersenjata Senat, mengatakan kepada ABC News.

Adapun Senator Demokrat Chris Coons, pendukung Presiden AS Joe Biden, berpendapat untuk mengesahkan undang-undang AS bipartisan untuk "menunjukkan tekad dan menerapkan beberapa sanksi sekarang" tetapi mengatakan yang terbaik adalah menjaga sanksi terkuat sebagai cadangan.

"Sanksi yang paling kuat, jenis sanksi yang kami gunakan untuk membawa Iran ke meja perundingan, adalah sesuatu yang harus kami pertahankan sebagai pencegah," tukasnya.

Ditanya apakah tangan AS terikat atas Ukraina karena kebutuhan akan dukungan Rusia dalam pembicaraan mengekang program nuklir Iran, Blinken, mengatakan kepada CBS News: "Tidak sedikit pun!"