Kabar Baik! 4 Pasien Terpapar Varian Omicron di Semarang Dinyatakan Sembuh
Petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin COVID-19 penguat (booster) jenis AstraZeneca (ANTARA)

Bagikan:

JATENG - Sebanyak empat pasien COVID-19 yang terkonfirmasi varian Omicron yang sempat menjalani perawatan di Kota Semarang, Jawa Tengah, sudah dinyatakan sembuh.
 
"Berdasarkan 25 sampel Whole Genome Sequencing (WGS) yang diperiksa, empat orang terkonfirmasi Omicron, sisanya varian Delta," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam di Semarang, Antara, Jumat, 21 Januari.
 
Empat kasus tersebut, kata dia, berasal dari satu orang yang sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Pasien tersebut bahkan sudah menjalani karantina selama sepekan di RS Wisma Atlet Jakarta.
 
Hasil tes usap PCR terhadap yang bersangkutan usai karantina dinyatakan negatif COVID-19. Namun, lanjut dia, setelah sepekan, pasien tersebut merasa tidak enak badan yang kemudian dilanjutkan dengan tes PCR dengan hasil positif.
 
Menurut dia, dari hasil penelusuran kontak erat pasien diketahui tiga anggota keluarganya juga positif COVID-19. Selain empat orang tersebut, terdapat dua pasien lagi yang terkonfirmasi Omicron namun bukan warga Semarang.
 

 
Dia menjelaskan keduanya saat ini masih menjalani perawatan di dua rumah sakit yang berbeda di Kota Semarang.
 
Dari hasil temuan varian Omicron ini, ia mengimbau mekanisme pemantauan warga pendatang di tingkat RT dan RW, terutama yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri serta Jakarta, ditingkatkan.
 
Selain itu, lanjut dia, percepatan vaksinasi mulai dosis pertama hingga ketiga juga terus dilakukan.