Badai Salju Landa Turki: Tim Penyelamat Evakuasi 1.780 Orang yang Terjebak di Jalan Tol, Suhunya Minus 3 Derajat Celcius
Kendaraan terjebak akibat badai salju di Turki. (Sumber: Anadolu Agency via Daily Sabah)

Bagikan:

JAKARTA - Ribuan orang terdampar di jalan raya yang menghubungkan provinsi selatan Turki, saat hujan salju lebat dan badai salju melanda wilayah Gaziantep Selasa malam dan Rabu. Sekitar 1.780 orang yang terjebak di dalam mobil mereka dalam lalu lintas yang tidak bergerak dievakuasi oleh tim penyelamat.

Gubernur Gaziantep Davut Gül mengatakan bahwa orang-orang yang terdampar adalah pengendara dan penumpang di Jalan Tol Tarsus-Adana-Gaziantep (TAG), yang ditutup untuk lalu lintas pada Selasa malam.

Mengutip Daily Sabah dari Anadolu Agency 19 Januari, Gul mengatakan mereka memprioritaskan yang sakit di antara yang terdampar. Masing-masing dibawa ke rumah sakit terdekat. Sekitar 186 orang yang membutuhkan perawatan medis dievakuasi ke rumah sakit.

Selain itu dia mengatakan, kru juga membagikan makanan kepada sekitar 7.000 orang di jalan raya di mana kendaraan tidak dapat bergerak ke jarak pandang rendah dan salju tebal.

Gul mengatakan kru membantu 1.780 kendaraan terjebak di jalan tetapi "setidaknya 2.800 orang lagi" masih terdampar. Media sosial dibanjiri pesan tentang orang-orang yang menunggu bantuan selama berjam-jam pada Selasa malam dan dini hari Rabu.

Gubernur mengatakan, penyebab utama gangguan di jalan raya adalah beberapa truk jarak jauh yang terlibat dalam kecelakaan dan memperlambat lalu lintas. Pekerjaan sedang berlangsung pada Rabu pagi untuk memindahkan truk-truk yang rusak, tetapi badai salju yang terus-menerus menimbulkan tantangan.

Untuk itu, gubernur mendesak masyarakat yang tinggal di dekat daerah itu untuk tidak mengemudi pada Hari Rabu. Kemudian, gubernur melarang pengemudi meninggalkan Gaziantep.

Dalam fenomena yang jarang terjadi di wilayah tersebut, Gaziantep sendiri dilanda hujan salju yang lebat dan lalu lintas menjadi macet di provinsi tersebut, salah satu yang paling padat penduduknya di negara itu.

Suhu sekitar minus 3 derajat Celcius (minus 26,6 derajat Fahrenheit) di provinsi itu Rabu pagi. Lapisan salju tebal yang menutupi pusat kota mencapai ketebalan 50 sentimeter (19,7 inci) dalam semalam.

Mehmet iftçi, seorang pengemudi yang terdampar di jalan raya, mengatakan dia meninggalkan Gaziantep pada Selasa malam untuk perjalanan ke Tarsus, sebuah kota di Provinsi Mersin. Dia mengatakan butuh lebih dari satu jam untuk berkendara jarak pendek, sebelum lalu lintas jalan raya benar-benar berhenti.

Badai salju dan hujan salju juga membuat ratusan kendaraan terdampar di jalan raya Akseki-Seydişehir, yang menghubungkan provinsi Mediterania Antalya ke provinsi tengah Konya, Selasa malam.

Pengemudi menunggu lalu lintas bergerak selama berjam-jam, sementara polisi menghentikan kedatangan lebih banyak kendaraan. Kru mengirimkan makanan kepada pengendara yang terdampar, sementara beberapa berlindung di tempat perhentian di sepanjang jalan di tengah cuaca dingin.

Untuk diketahui, musim dingin bersalju yang berlangsung selama berhari-hari berdampak pada kehidupan sehari-hari di seluruh Turki. Cuaca buruk memaksa penutupan sekolah di 52 provinsi pada Hari Rabu, merupakan yang terburuk di mana-mana kecuali di beberapa provinsi barat.

Layanan Meteorologi Negara Turki (TSMS) memperingatkan, hujan salju lebat akan tetap efektif untuk sebagian besar negara pada Hari Rabu juga, dengan beberapa provinsi di wilayah Mediterania dan di barat dan barat laut terhindar dari hujan salju yang luar biasa.

Hujan salju dan badai salju adalah tantangan utama transportasi di seluruh Turki minggu ini. Ratusan jalan menuju desa dan kota terpencil masih ditutup, terutama di provinsi timur dan utara. Meskipun kru pembersih salju bekerja sepanjang waktu untuk memastikan akses, jalan menjadi tidak dapat diakses lagi beberapa jam kemudian karena hujan salju.