Pria Mengamuk Acungkan Pisau di Polres Lumajang, Setelah Diperiksa Ternyata Depresi
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko/DOK ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Seorang pria tak dikenal tiba-tiba masuk ke halaman Polres Lumajang, Jawa Timur. Dia mengacungkan pisau kepada polisi. 

Setelah diamankan, ternyata pria tersebut depresi alias mengalami Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Ketika diamankan oleh anggota, dan ditanya juga nggak nyambung. Kemudian dilakukan penyelidikan, ternyata  yang bersangkutan mengidap depresi," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko, dikonfirmasi, Kamis, 13 Januari.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, membenarkan kejadian tersebut. Eka Yekti menyebut pelaku menderita gangguan jiwa alias depresi. 

"Yang bersangkutan ternyata kejiwaannya terganggu," kata Eka Yekti terpisah.

Pelaku berisinial R (27), warga Dusun Karangsungkup, Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, Lumajang. Eka mengatakan R memiliki riwayat depresi dan hingga kini rutin mengonsumsi obat.

"Yang bersangkutan mempunyai riwayat depresi sejak kecil, pernah dirawat di RS di Probolinggo dan sampai sekarang masih rutin minum obat yang diberikan oleh puskesmas," katanya.

Sebelumnya, video aksi pria tersebut sempat viral di sosial media dan aplikasi perpesanan. Dalam video berdurasi 01.13 menit itu terlihat seorang pria masuk ke halaman Polres Lumajang dengan membawa pisau.

Pria tersebut terlihat mengacungkan pisaunya. Sontak, anggota polisi yang berada di dekat pria tersebut langsung menghadangnya. Beberapa anggota lain juga ikut mendekat dan mencoba menangkap pria tersebut.

Aksi ini diketahui terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Saat aksi berlangsung, anggota Polres Lumajang tengah mengikuti apel di lapangan.