Penasihat WHO: Pemberian Dosis Penguat Berulang Vaksin COVID-19 Bukan Strategi Tepat Hadapi Varian Virus Corona
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Wikimedia Commons/Mos.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, mengulangi dosis booster atau penguat dari vaksin COVID-19 bukan strategi yang tepat untuk melawan varian yang muncul, menyerukan suntikan baru yang lebih melindungi terhadap penularan.

Sebuah kelompok ahli yang dibentuk oleh WHO untuk menilai kinerja vaksin COVID-19 mengatakan, hanya memberikan suntikan baru dari vaksin COVID-19 yang ada saat jenis virus baru muncul bukanlah cara terbaik untuk memerangi pandemi.

"Strategi vaksinasi berdasarkan dosis penguat berulang dari komposisi vaksin asli tidak mungkin tepat atau berkelanjutan," kata Kelompok Penasihat Teknis WHO untuk Komposisi Vaksin COVID-19 (TAG-Co-VAC) dalam sebuah pernyataan, mengutip CNA 12 Januari.

Kelompok itu mengatakan, mungkin ada kebutuhan untuk memperbarui vaksin yang ada untuk lebih menargetkan varian COVID-19 yang muncul seperti varian Omicron, yang telah menyebar dengan cepat dan telah terdeteksi di 149 negara sejauh ini.

Selain itu, kelompok tersebut juga menyerukan pengembangan vaksin baru yang tidak hanya melindungi orang yang tertular COVID-19 agar tidak jatuh sakit parah, tetapi juga lebih baik mencegah orang tertular virus sejak awal.

vaksinasi covid-19
Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Wikimedia Commons/MDGovpics)

"Vaksin COVID-19 yang berdampak tinggi terhadap pencegahan infeksi dan penularan, selain pencegahan penyakit berat dan kematian, perlu dan harus dikembangkan," terang TAG-Co-VAC.

Ini, katanya, akan membantu menurunkan "penularan masyarakat dan kebutuhan akan langkah-langkah kesehatan dan sosial masyarakat yang ketat dan menjangkau luas".

Mereka juga menyarankan, pengembang vaksin harus berusaha untuk menciptakan suntikan yang "mendapatkan respons imun yang luas, kuat dan tahan lama untuk mengurangi kebutuhan akan dosis booster yang berurutan".

Menurut WHO, 331 kandidat vaksin saat ini sedang dikerjakan di seluruh dunia.Sampai vaksin baru dikembangkan, kelompok itu mengatakan, "komposisi vaksin COVID-19 saat ini mungkin perlu diperbarui".

Ini akan memastikan, (vaksin) terus memberikan tingkat perlindungan yang direkomendasikan WHO terhadap infeksi dan penyakit oleh VOC (varian yang menjadi perhatian), termasuk Omicron dan varian yang akan datang".

Hanya beberapa minggu setelah varian Omicron pertama kali terdeteksi di Afrika bagian selatan, semakin jelas bahwa itu tidak hanya jauh lebih menular daripada varian sebelumnya.

vaksin covid-19
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Wikimedia Commons/Agência Brasília)

Tetapi juga lebih baik dalam menghindari beberapa perlindungan vaksin. Diketahui, WHO sejauh ini telah memberikan cap persetujuan untuk versi delapan vaksin yang berbeda.

TAG-Co-VAC menekankan, vaksin tersebut memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap penyakit parah dan kematian yang disebabkan oleh berbagai varian virus.

Dikatakan, data awal menunjukkan vaksin yang ada kurang efektif dalam mencegah penyakit COVID-19 bergejala pada orang yang telah mengontrak varian Omicron.

Tetapi perlindungan terhadap penyakit parah, yang secara khusus dimaksudkan untuk dilakukan, "lebih mungkin dipertahankan", katanya.

"Namun, diperlukan lebih banyak data tentang efektivitas vaksin, terutama terhadap rawat inap, penyakit parah, dan kematian, termasuk untuk setiap platform vaksin dan untuk berbagai dosis vaksin dan rejimen produk," katanya.

Selain itu, TAG-Co-VAC menggemakan sikap WHO, "prioritas langsung bagi dunia adalah mempercepat akses ke vaksinasi primer". Badan kesehatan PBB telah menolak desakan di semakin banyak negara untuk meluncurkan program penguat selimut dalam pertempuran melawan varian baru seperti Omicron.

WHO mengatakan, ini tidak masuk akal karena banyak orang di negara-negara miskin masih menunggu pukulan pertama, secara dramatis meningkatkan kemungkinan munculnya varian baru yang lebih berbahaya.

Untuk diketahui, sejauh ini, lebih dari 8 miliar dosis vaksin COVID-19 telah diberikan di setidaknya 219 wilayah, menurut hitungan AFP.

Ironisnya, sementara lebih dari 67 persen orang di negara-negara berpenghasilan tinggi telah menerima setidaknya satu tusukan, kurang dari 11 persen di negara-negara berpenghasilan rendah menurut angka PBB.