Bobby Nasution Copot Kepling di Medan yang Pungli Rp1,7 Juta untuk Urus KK
Wali Kota Medan Bobby Nasution/FOTO: Pemko Medan

Bagikan:

MEDAN - Peringatan Wali Kota Medan Bobby Nasution agar tidak melakukan pungutan liar dalam pengurusan administrasi kependudukan belum sepenuhnya ditaati jajaran pemerintahan kota.

Seperti yang dilakukan Kepala Lingkungan (Kepling) VIII Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur bernama Sulistyo. 

Dia tega meminta uang kepada warga bernama Ian yang ingin mengurus KK dan KTP keluarganya. Dengan dalih tidak ada data di Disdukcapil, Kepling meminta Rp1,7 juta agar urusan selesai.

Seorang warga bernama Ian mengaku, dirinya telah 2 kali membayar agar KK dan KTP-nya beres. Pertama R 1 juta kemudian Rp700 ribu. 

"Urusnya Agustus 2021 lalu pak. Baru berani lapor sekarang setelah saya baca berita di Medsos. Saya beranikan lapor ke DM IG bapak. Alhamdulillah langsung direspons. Terima kasih perhatian Pak Wali," kata Ian yang mengirim DM dengan bukti video kepada Bobby Nasution, Selasa, 11 Januari.

"Iya saya baca DM kamu. Saya lihat langsung. Sekarang warga sudah mudah kalau mau melapor. Jangan ada pungli lagi, selalu saya sampaikan ini, masih ada juga yang pungli. Rp1,7 juta itu besar loh, kasihan masyarakat," ujar Bobby Nasution menasihati kepling tersebut.

Tak ingin hal seperti ini kembali terulang, Bobby Nasution memminta agar Kepling itu mengembalikan uang sebesar Rp1,7 juta tersebut besok. 

"Tolong besok dikawal ini Pak Lurah. Kalau tak dibayar ini korbannya dampingi lapor polisi. Pak Kepling ini sudah melanggar hukum," lanjut Bobby Nasution. 

Bobby mengatakan dirinya merespons laporan warga via DM dengan bukti valid. Bobby juga perintahkan Camat Medan Timur Alfi Pane agar mengganti Kepling.

"Urus surat tak ada biaya sama sekali itulah pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Harus copot itu karena sudah saya sampaikan berkali-kali jangan ada Pungli dan Korupsi ini dilanggar lagi," kata Bobby Nasution..

Sementara itu, warga setempat yang mengetahui sidak Bobby Nasutuon telah menunggu di luar Kantor Lurah Pulo Brayan Bengkel. Ketika Bobby keluar kantor warga pun bersorak senang. 

"Terima kasih Pak Wali, kami tak dapat PKH sejak Kepling itu pak di sini pak. Cocok itu pak copot aja," kata ibu-ibu warga setempat. 

Usai sidak, Bobby Nasution tampak melayani warga dengan mengajak berbincang, mendengar curhatan warga. Bobby juga tampak membawa bantuan sembako.