Bangunan SDN di Palangka Raya Ambruk, Dinas PUPR Libatkan Tim Ahli dari Akademisi dan Konsultan untuk Menyelidikinya
Rombongan anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengecek bangunan yang ambruk di kompleks SDN 14 Palangka (Foto: Adi Wibowo/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menyelidiki penyebab ambruknya beberapa bangunan di kompleks Sekolah Dasar Negeri (SDN) 14 Palangka pada Minggu, 9 Januari.

"Kami libatkan tim ahli yang terdiri dari akademisi, konsultan dan tenaga ahli konstruksi untuk menyelidiki penyebab ambruknya sejumlah bangunan di SDN 14," kata Kepala Bidang Pembangunan Permukiman Dinas PUPR Palangka Raya Arif Fathuddin di Palangka Raya, dilansir Antara, Selasa, 11 Januari

"Jika kita melihat secara kasat mata penyebabnya karena terjadi pergeseran konstruksi akibat banjir. Apalagi dalam tahun ini wilayah itu sering banjir dan arusnya cukup deras. Meski demikian, penyelidikan lebih dalam masih dilakukan," katanya.

Setelah mengkaji penyebab bangunan sekolah ambruk, ia menjelaskan, Dinas PUPR akan memberikan rekomendasi mengenai penanganan lebih lanjut bangunan sekolah tersebut.

"Sementara ini gedung tidak bisa digunakan karena khawatir menjadi masalah. Kita perlu antisipasi gedung lainnya juga mengalami masalah sehingga lebih baik tidak digunakan dulu," katanya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Rachmad Winarso sebelumnya menjelaskan bahwa bangunan yang roboh di kompleks SDN 14 Palangka dibangun pada 2016.

Bangunan sekolah dasar negeri itu konstruksinya berbahan kayu. Ruang-ruang sekolah dibangun di atas rawa dengan penopang kayu. Bangunan yang ambruk pada Minggu (9/1) terdiri atas tiga ruang kelas dan satu WC.