Bagikan:

KALSEL - Ambruknya bangunan Alfamart di Jalan Ahmad Yani KM 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), mendapat perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar Muhammad Riza Dauly mengatakan, Dinas PUPR Kabupaten Banjar akan menerjunkan tim ahli menyelidiki penyebab robohnya mini market tersebut.

"Nanti ahli yang menilai dan menyimpulkan kira-kira faktor apa yang menyebabkan bangunan ruko ini sampai runtuh," kata dia di Kecamatan Gambut, dikutip dari Antara, Selasa 19 April.

Menurut dia, tim ahli akan melakukan pemeriksaan kontur tanah serta meneliti sampel puing-puing bangunan tiga lantai tersebut.

"Hasil penelitian dari tim ahli ini akan disampaikan ke pimpinan untuk diambil langkah selanjutnya guna pengambilan kebijakan agar insiden serupa diharapkan tak terulang," ujarnya.

Di lokasi bangunan minimarket Alfamart yang ambruk, tim ahli dari Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat sudah mulai melakukan pendataan dan pengambilan sampel. Tim ahli juga meneliti kualitas beton pada puing-puing bangunan.

Bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut pada Senin 18 April ambruk. Setelah berjibaku melakukan evakuasi selama dua hari, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 9 orang korban dalam keadaan selamat dan 4 meninggal dunia.