Persilakan Giring PSI Cek Sirkuit Formula E, Wagub DKI: Masyarakat Saja Boleh
Lokasi yang bakal dijadikan sirkuit Formula E di Ancol/DOK. Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mempersilakan masyarakat melakukan pengecekan lokasi yang akan dijadikan sirkuit Formula E di Ancol.

"Ya, silakan saja. Masyatakat saja boleh ya, melakukan pengawasan, pengecekan. Hak warga," kata Riza kepada wartawan, Kamis, 6 Januari, menanggapi pengecekan Ketum PSI Giring Ganesha ke lokasi arena sirkuit Formula E.

Begitu pula dengan Anggota DPRD. Riza menyebut anggota dewan memang memiliki tugas untuk mengawasi jalannya program Pemprov DKI seperti Formula E, pembuatan sumur resapan, stadion, jalan, waduk, dan sebagainya.

"Memang Anggota DPRD tugasnya mengawasi. Itu berarti anggota dprd bekerja sesuai dengan tupoksinya melakukan pengawasan program-program yang kami susun bersama juga dengan meereka anggota dewan," ungkap Riza.

Giring Ganesha seebelumnya bersama Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Anggara Wicitra Sastroamidjojo, dan Ketua DPW PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar meninjau lokasi calon sirkuit penyelenggaraan Formula E.

Sambil berkeliling, Giring merekam video yang memperlihatkan dirinya berada di hamparan tanah kosong yang akan dijadikan sebagai sirkuit ajang balap mobil listrik tersebut.

Pengamatan Giring, lokasi tersebut merupakan tanah lunak yang sebagiannya ditumbuhi rerumputan. Tumpukan akar bakau juga terlihat di beberapa titik. Giring juga melihat kambing-kambing yang mencari makan.

Giring mengaku heran kenapa Pemprov DKI masih yakin dapat menggelar Formula E. Sebab, hari penyelenggaraannya tinggal lima bulan lagi, sementara sirkuitnya belum dibangun dan lokasinya dianggap tak cocok menjadi lintasan mobil balap.

"Gokil sih ini project Formula E, ya. Project ambisius banget. Budget besar, pakai uang rakyat, dan waktu persiapan yang mepet banget. Gue enggak yakin bisa kejadian pembangunan sirkuit ini. Kalau kejadian, pasti dipaksakan. Kalau dipaksain mudah-mudahan enggak malu-maluin nama Indonesia, lah di mata Internasional," kata Giring dalam video yang diunggah di akun Twitternya, Rabu, 5 Januari.