Bekas Rumah Jagal Siap untuk Panen Ganja Skala Besar Legal Pertama, Saat Jerman Berencana Izinkan Pemakaian untuk Rekreasi
Ilustrasi budaya ganja. (Unsplash/@newhighmediagroup)

Bagikan:

JAKARTA - Bekas rumah jagal di Dresden, Jerman kini menjadi rumah bagi deretan tanaman ganja. Mereka ditanam pada Bulan November, dengan panen pertama jatuh tempo pada Bulan Januari yang akan menandai panen ganja skala besar legal pertama di tanah Jerman.

Daunnya akan diubah menjadi tepung ganja dan digunakan dalam produk ganja medis legal. Perusahaan di balik perkebunan itu bernama Demecan.

Perusahaan yang berbasis di Berlin adalah satu dari tiga yang memenangkan tender dari agen ganja Jerman untuk memproduksi ganja di negara itu. Dua perusahaan lainnya masih mengerjakan produksi mereka.

"Ini sebenarnya sesuatu yang sangat baru. Ini adalah fasilitas unik yang kami miliki di sini di Jerman. Satu-satunya fasilitas Jerman untuk membudidayakan ganja obat," kata Constantin von der Groeben, direktur pelaksana Demeca, mengutip Euronews 4 Januari.

"Dan yang kami lihat di sini adalah kelompok pertama ganja obat yang saat ini kami tanam. Fasilitas ini kemudian, tahun depan, akan menghasilkan satu ton tepung ganja kering. Jadi, seribu kilogram," paparnya.

ilustrasi ganja
Ilustrasi ganja (Unsplash/Ryan Lange)

Produk ganja medis dilegalkan oleh Pemerintah Federal di Jerman pada tahun 2016. Tetapi, pemerintah baru di bawah Kanselir Olaf Scholz yang mulai berkuasa pada Desember lalu, ingin melangkah lebih jauh dan melegalkan penjualan ganja untuk penggunaan rekreasi kepada orang dewasa di toko-toko khusus dan berlisensi.

Ini akan serupa dengan undang-undang yang ada di Kanada dan beberapa negara bagian AS. Di Berlin, beberapa perusahaan rintisan dengan fokus ganja telah didirikan selama beberapa tahun terakhir.

Salah satunya adalah Grup Sanity yang mengkhususkan diri dalam produk ganja medis serta produk perawatan diri yang mengandung minyak ganja CBD, yang diekstraksi dari tanaman ganja.

Fabian Friede, salah satu pendiri Sanity Group, menyambut baik langkah menuju legalisasi.

"Jadi, saya pikir secara keseluruhan, pada tingkat makro, arahnya adalah yang benar. Saya pikir bergerak ke arah penggunaan ganja untuk rekreasi itu luar biasa. Juga, mengurangi resep ganja obat itu luar biasa," terangnya.

"Tapi seperti yang sudah Anda katakan, ini semua tentang detail. Dan oleh karena itu, saya pikir kami sangat penasaran, dan waktu menunggu adalah yang paling sulit karena kami ingin mulai mempersiapkan dan tentu saja, kami sudah melakukannya. Mempersiapkan setiap arah, karena kita tidak tahu persis ke mana arahnya," bebernya.

Pemerintahan Jerman yang baru terdiri dari tiga partai dalam koalisi: Partai Sosial Demokrat, Partai Hijau, dan Partai Liberal Demokrat Bebas.

Sebelum para pihak mulai memerintah bersama, mereka menyetujui kontrak koalisi lebih dari 170 halaman, yang mana langkah menuju legalisasi ganja untuk penggunaan rekreasi ditetapkan.

Dokumen tersebut menetapkan, toko berlisensi akan diizinkan untuk menjual ganja kepada orang dewasa, tetapi selain itu tidak ada banyak detail.

ilustrasi ganja
Ilustrasi budidaya ganja. (Unsplash/terredicannabis)

Juga tidak ada rencana waktu yang pasti, tetapi karena pemerintah memiliki jangka waktu mandat empat tahun, tersirat bahwa ini adalah kerangka waktu yang paling lama.

"Akan ada lebih banyak start-up. Akan ada lebih banyak perusahaan. Akan ada seluruh industri, satu sektor ada di sekitar. Dari regulasi, dari pengiriman ke apotik, hingga logistik," kata salah satu pendiri perusahaan farmasi Sanity Group Finn Hänsel.

"Jadi, saya pikir itu akan benar-benar booming, menciptakan lebih banyak lapangan kerja, menciptakan lebih banyak penerimaan pajak bagi pemerintah. Jadi, saya sebenarnya berpikir, meskipun itu jelas akan menjadi persaingan bagi kita, saya pikir itu bagus. untuk pasar. Dan sejujurnya, tidak ada yang lebih baik dari persaingan yang sehat," bebernya.

Meski demikian, ada beberapa kritik terhadap rencana tersebut, khususnya dari kalangan Partai CDU demokratis Kristen yang memerintah Jerman selama 16 tahun di bawah Angela Merkel.

Ada kekhawatiran bahwa orang yang lebih muda akan memiliki akses yang lebih mudah ke ganja dari teman dan kerabat yang lebih tua, dan ada orang yang mengatakan itu tidak akan mengurangi kejahatan, tetapi geng kriminal akan pindah ke obat lain atau menjual ganja lebih murah daripada toko.

Friede mengatakan, kekhawatiran itu perlu ditangani dalam undang-undang akhir.

"Ya, saya mengerti ada risiko yang terlibat dengannya. Maksud saya, jika kita melihat penggunaan ganja untuk anak di bawah umur dan semuanya, maka tentu saja, kita perlu membahasnya secara detail," ungkapnya.

"Kita perlu mengatasi risiko ini. Tapi saya pikir tidak melakukan apa-apa juga bukan solusi. Karena orang menggunakan ganja, mereka hanya menggunakannya dalam kualitas yang lebih rendah, berasal dari pasar gelap, mendukung kejahatan terorganisir. Bagaimana itu lebih baik? daripada alternatifnya?" sambung Friede.

Argumen kejahatan terorganisir akan memiliki satu pasar yang lebih sedikit dan negara pada gilirannya akan memiliki satu jalan lagi, untuk pendapatan pajak sering diangkat dalam perdebatan tentang legalisasi ganja di Jerman. Tapi, salah satu dari dua serikat polisi utama di negara itu skeptis.

"Pandangan polisi adalah, kami menambahkan obat lain ke obat-obatan yang sudah legal, seperti nikotin dan alkohol, dan bahwa kami mungkin mendapatkan 'narkoba' lain yang banyak digunakan dalam bentuk ganja," tukas Jörg Radek , wakil presiden GdP Serikat Polisi Jerman

"Dan sebagai seorang polisi, saya ragu tentang ini karena ini akan mengubah masyarakat. Tetapi juga, bagi kami di kepolisian, kami pasti akan mendapatkan lebih banyak pekerjaan," tandasnya.