Siasat Otak Pembunuh Pengusaha di Kelapa Gading ‘Kesurupan’ Ayah Demi Balas Sakit Hati
Para tersangka pembunuhan bos pelayaran Sugianto yang tewas ditembak di Kelapa Gading (Foto: Rizky Adytia P/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nur Lutfiah alias NL, otak pembunuhan bos pelayaran Sugianto (51) di Ruko Royal Gading Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara punya cara lain merekrut 12 orang untuk melancarkan aksinya.

Selain memberikan imbalan uang senilai Rp200 juta, NL berpura-pura dirasuki arwah ayahnya untuk membantu membunuh bos PT Dwi Putra Tirtajaya, Sugianto (51). 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, NL pura-pura kesurupan karena 12 orang pelaku adalah murid ayahnya. Sehingga perintah itu dilaksanakan oleh para pelaku.

"Dia (NL) belaga kesurupan bapaknya. Bahwa dia kemasukan bapaknya 'dari pada anak saya mati habisi segera'," kata Yusri menirukan kesurupan yang dialami NL kepada VOI, Jakarta, Selasa, 25 Agustus.

Adapun semua pelaku diketahui satu perguruan di Lampung. Karena seolah-olah perintah itu langsung dari ayahnya, maka mereka tidak menolah yang diperintahkan NL.

"Pelaku 12 orang itu muridnya (murid alm ayahnya, red). Iya ayahnya (semasih hidup, red) guru," kata dia.

Aksi pura-pura kesurupan NL juga diperagakan dalam reka ulang kejadian. Dalam reka ulang, otak pembunuhan, NL memperagakan adegan kesurupan di hadapan tersangka lain.

Aksi seolah-olah kesurupan itu diperagakan Nur Lutfiah di adegan 9A. Saat itu, lima tersangka sedang berada di hotel Ciputra Cibubur kamar 705 untuk merencanakan pembunuhan terhadap korban, pada Minggu 9 Agustus.

"Maman bersama Luthfi (NL) memasuki kamar 709 menjumpai Junaedi, Rosidi, dan Syahrul. Pada saat berkumpul Lutfi dan Maman berada di kasur dan tiga orang lainnya di bawah kemudian Luthfi kesurupan sambil mengatakan assalamualaikum, apakah kalian siap berjuang," ujar seorang penyidik membacakan adegan, Selasa, 25 Agustus 

Kemudian, para tersangka menjawab pertanyaan itu dan menyatakan siap untuk berjuang. Di adegan 9B, lima tersangka pun memutuskan untuk datang ke makam orangtua dari NL di daerah Tangerang.

Dengan mengendarai mobil innova hitam, mereka pun bergegas ke lokasi tujuan. Dalam perjalanan, NL kembali seolah-olah kesurupan arwah dari orangtuanya.

"Luthfi duduk di dalam mobil sambil kerasukan dan mengatakan salam seolah-olah arwah dari almarhum ustad Nur Gozali masuk ke tubuh Luthfi," katanya.

Total 12 orang ditetapkan sebagai tersangka kasus penembakan pengusaha pelayaran Sugianto di Kelapa Gading. Sugianto tewas ditembak lima kali.

Tersangka otak pembunuhan, NL diketahui bekerja sebagai karyawan administrasi keuangandi perusahaan Sugianto sejak 2012. Selain karena sakit hati pernah dimarahi dan diajak bersetubuh oleh Sugianto, NL diduga juga terbelit persoalan pajak hingga pernah diancam dilaporkan ke polisi.

“Ada indikasi menggelapkan uang tersebut. Ada beberapa kali teguran dari pajak Jakut ke perusahaan, sempat dari pihak korban menyampaikan bahwa tersangka akan dilaporkan ke polisi,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana.