Bagikan:

JAKARTA - Pertunjukan anjing tahunan Westminster Kennel Club menjadi acara terbaru yang ditunda atau dibatalkan di New York, Amerika Serikat (AS) seiring lonjakan jumlah kasus infeksi virus corona.

Dewan gubernur klub mengumumkan pada 29 Desember, penundaan gelaran acara yang rencananya dihelat pada akhir Januari tahun 2022 hingga akhir tahun ini. Tanggal baru penyelenggaraan belum diinformasikan.

"Kesehatan dan keselamatan semua peserta Westminster Kennel Club Dog Show adalah yang terpenting," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, mengutip The Associated Press 30 Desember.

"Kami menghargai minat dan dukungan komunitas yang berkelanjutan, saat kami menunda pertunjukan ke waktu di mana kami dapat berkumpul dengan aman," sambung pernyataan tersebut.

Pertama kali diadakan pada tahun 1877, pertunjukan anjing ini menarik ribuan kontestan dari seluruh AS dan biasanya diadakan pada bulan Februari, dengan babak semifinal dan final di Madison Square Garden.

Tahun lalu, kegiatan ini dipindahkan ke Juni dan diadakan di luar ruangan di perkebunan Lyndhurst, pinggiran Kota Tarrytown, utara New York City. Penonton tidak diizinkan, sementara peserta manusia harus divaksinasi atau baru diuji.

Seekor anjing Peking bernama Wasabi memenangkan pertunjukan terbaik, mengalahkan seekor whippet, bulldog Prancis, anjing gembala Inggris kuno, pointer shorthair Jerman, Samoyed dan terrier putih West Highland.

Untuk diketahui, dengan kasus COVID-19 yang sekarang meledak di seluruh AS, penundaan itu terjadi kurang dari dua minggu setelah lebih dari 8.500 anjing, pemilik, dan pawang berkumpul untuk pertunjukan anjing top AS lainnya, Kejuaraan Nasional Klub Kennel Amerika di Orlando, Florida.