Antisipasi Varian Omicron saat Libur Natal dan Tahun Baru, Pakar Kesehatan Desak Pemberian Vaksin Dosis <i>Booster</i>
Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Wikimedia Commons/MDGovpics)

Bagikan:

JAKARTA - Virus Omicron virus corona yang mengamuk di seluruh dunia ketika musim liburan Natal dan Tahun Baru saat musim dingin mendekat, membuat vaksinasi COVID-19 dan suntikan penguat (booster) lebih penting daripada sebelumnya.

VarianOmicron telah ditemukan melalui pengujian di 43 dari 50 negara bagian AS dan sekitar 90 negara sejauh ini, setelah pertama kali diidentifikasi di Afrika selatan dan Hong Kong pada akhir November.

Jumlah kasus meningkat dua kali lipat dalam 1,5 hingga 3 hari di daerah dengan penularan komunitas dan menyebar dengan cepat di negara-negara dengan tingkat kekebalan populasi yang tinggi, kata Organisasi Kesehatan Dunia pada hari Sabtu.

"Ini (varian Omicron) hanya, Anda tahu, mengamuk di seluruh dunia," kata pakar kesehatan Amerika Serikat Dr. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, di "Meet the Press" NBC, mengutip Reuters 19 Desember.

Dampak virus menyebar ke seluruh Amerika Serikat, dengan rawat inap melonjak, pertandingan olahraga dijadwal ulang dan tempat hiburan membatalkan pertunjukan.

Sejak awal bulan, kasus dan kematian COVID AS telah meningkat sekitar 50 persen dan jumlah pasien COVID yang dirawat di rumah sakit naik 26 persen, menurut penghitungan Reuters.

Presiden Joe Biden direncanakan memberikan pidato pada Hari Selasa tentang varian yang menyebar cepat dan berencana untuk memeranginya, menyampaikan pesannya kepada orang Amerika yang tidak divaksinasi untuk mendapatkan suntikan dan bagi mereka yang divaksinasi untuk mendapatkan booster.

Bagian dari rencana Presiden Biden adalah fokus pada peningkatan pengujian, kata Fauci pada program "State of the Union" CNN.

"Kita harus berbuat lebih baik. Kami benar-benar perlu membanjiri sistem dengan pengujian. Kami perlu memiliki tes yang tersedia untuk siapa saja yang menginginkannya," papar Fauci.

Lebih jauh Fauci mendesak orang Amerika yang bepergian selama liburan untuk mendapatkan booster, memakai masker dan menghindari ruang publik yang ramai untuk membantu memperlambat penyebaran varian Omicron.

"Bepergian akan meningkatkan risiko infeksi bahkan di antara orang yang divaksinasi. Kita akan melihat terobosan infeksi - tidak ada keraguan tentang itu. Suntikan booster sangat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parah dari infeksi Omicron," tandas Fauci.

Ia menambahkan, varian Omicron kemungkinan akan mengalahkan Delta yang sudah ada sebelumnya sebagai varian dominan di Amerika Serikat.