Hari Pertama Novel Baswedan Jadi ASN Polri, Bakal Urusi Pencegahan Korupsi, Polanya Masih Dibahas
Novel Baswedan/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Novel Baswedan bertugas di Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri, Senin, 3 Januri. Eks penyidik senior KPK itu akan bertugas di sektor pencegahan tindak pidana korupsi.

"Posisinya sebagaimana kami pernah ceritakan kami diberikan tugas untuk melakukan tugas-tugas pencegahan tindak pidana korupsi," ujar Novel kepada wartawan, Senin, 3 Januari.

Walau saat ini bertugas di sektor pencegahan, Novel menyatakan belum mengetahui pola yang akan diterapkan dalam bertugas. Sebab, sampai saat ini pola pencegahan tindak pidana korupsi masih dalam pembahasan.

"Nanti polanya seperti apa ini sedang mau dibicarakan," kata Novel.

Karena itu, lanjut Novel, saat ini dirinya akan terlebih dulu menyesuaikan diri di lingkungan Polri. Kemudian, mempelajari aturan hingga hal-hal yang harus dikerjakan sebagai Aparatur Sipil Negera (ASN).

"Jadi tentunya kami menyesuaikan diri melihat terus mempelajari dengan lebih detail soal apa yang harus dikerjakan dan lain-lain," kata Novel.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, pengalaman Novel Baswedan dan kawan-kawan dapat membantu menyelesaikan budaya korupsi di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa Novel ditempatkan disisi pencegahan.

"Tentunya rekam jejak ini bisa menjadi dasar pada saat melakukan kegiatan-kegiatan untuk menyelesaikan potensi kebocoran akar-akar masalah karena budaya korupsi," ujar Sigit kepada wartawan, Jumat, 10 Desember.

Selain itu, pengalaman Novel pun bisa memperkuat penanganan kasus tindak pidana korupsi. Sehingga, budaya korupsi sedikit demi sedikit akan terkikis dan menghilang.

"Kita ubah dengan pengalaman mereka kita bisa memperkuat upaya-upaya penanganan pemberantasan korupsi khususnya di sektor-sektor pencegahan," kata Sigit.