Hari Pertama Novel Baswedan ‘Berseragam’ Polri, Siap Kerjakan Target Atasan
Novel Baswedan/DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Eks penyidik senior KPK Novel Baswedan tak punya target pribadi di hari pertama bertugas di Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri. Semua tugas akan diselesaikan sesuai arahan pimpinan.

"Enggak (target pribadi), kalau target semuanya sesuai Divisi Polri," ujar Novel kepada wartawan, Senin, 3 Januari.

Menurut Novel, sebagai Aparatur Sipil Negera (ASN) Polri, tak boleh membawa perspektif pribadi atau kelompok. Sebab, semua tugas harus diselesaikan sesuai tujuan Korps Bhayangkara.

"Kami tidak melakukan dalam perspektif pribadi atau kelompok kami bawa perspektif Institusi," kata Novel.

Selain itu, Novel menyatakan posisinya di Dittipidkor Bareskrim Polri lebih kepada pencegahan. Namun, untuk tugas secara rinci dia pun belum mengetahuinya

"Posisinya sebagaimana kami pernah ceritakan kami diberikan tugas untuk melakukan tugas-tugas pencegahan tindak pidana korupsi nanti polanya seperti apa ini sedang mau dibicarakan," kata Novel.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, pengalaman Novel Baswedan dan kawan-kawan dapat membantu menyelesaikan budaya korupsi di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa Novel ditempatkan disisi pencegahan.

"Tentunya rekam jejak ini bisa menjadi dasar pada saat melakukan kegiatan-kegiatan untuk menyelesaikan potensi kebocoran akar-akar masalah karena budaya korupsi," ujar Sigit kepada wartawan, Jumat, 10 Desember.

Selain itu, pengalaman Novel pun bisa memperkuat penanganan kasus tindak pidana korupsi agar budaya korupsi sedikit demi sedikit akan terkikis dan menghilang.

"Kita ubah dengan pengalaman mereka kita bisa memperkuat upaya-upaya penanganan pemberantasan korupsi khususnya di sektor-sektor pencegahan," kata Sigit.