Sambut Tahun Baru, Sekjen PDIP Doakan Megawati dan Presiden Jokowi dari Gunung Agung
Sekjen PDIP Hasto Kristianto, Baju Merah/ Humas PDIP

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto akan mendaki Gunung Agung, Bali menutup tahun 2021. Pendakian ini sekaligus untuk mendoakan bangsa serta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Di gunung tertinggi di Bali tersebut kami akan berdoa bagi bangsa dan negara, bagi Ibu Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi serta seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan agar terus membangun semangat kerja kepartaian dengan turun ke bawah bersama rakyat," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 31 Desember.

Hasto mengungkap pendakian gunung yang dilakukannya itu adalah hal yang lazim dilakukan saat akhir tahun khususnya selama beberapa tahun terakhir. Hanya saja, pendakian ke Gunung Agung di Pulau Dewata itu baru pertama kali dilakukan.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan pendakian gunung yang dilakukannya bukan hanya sebatas olahraga atau menyatu dengan alam. Tapi, kegiatan ini sekaligus untuk memanjatkan doa.

Disamping itu, dia juga melihat tradisi masyarakat Bali yang memberikan keteladanan ketika menjalankan kehidupan spiritualitas. Menurutnya, hal tersebut merupakan wajah kebudayaan yang autentik, khas nusantara.

Apalagi, Gunung Agung merupakan tempat bersemayamnya pada dewa-dewa dan terdapat Istana Dewata.

"Oleh karena itu, masyarakat Bali menjadikan tempat ini sebagai tempat kramat yang disucikan. Penghormatan masyarakat Bali terhadap Gunung Agung inilah yang juga menggerakkan kami untuk ikut merasakan, dan membangun dialog batin, dengan laku secara fisik," ujarnya.

Sebelum menutup pernyataannya, Hasto juga mengatakan partainya memang memiliki semangat menjaga nilai spiritualitas yang hidup dalam tradisi nusantara.

"Malam tahun baru menjadi momentum untuk kontemplasi dan menyeimbangkan diri sendiri dengan lingkungan alam semesta, serta membangun spirit dan tekad bagi 2022 yang akan datang. Itulah berbagai hal yang kami pelajari dari kepemimpinan Bung Karno dan Ibu Megawati Soekarnoputri yang kami jabarkan dalam perilaku organisasi kepartaian," ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan pendakian itu, Hasto mengajak koleganya yang sesama mahasiswa S3 Universitas Pertahanan. Tak hanya itu dia juga mengajak Ratu Bhagawan serta sejumlah sahabatnya yang tinggal di Bali.