Waduh, Dokumenter Ungkap Anak Yatim Denmark Digunakan dalam Eksperimen yang Didukung CIA
Ilustrasi markas pusat CIA di Langley, Virginia, AS. (Wikimedia Commons/Library of Congress/Carol M. Highsmith)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa ratus anak yatim Denmark secara tidak sadar telah digunakan dalam eksperimen rahasia yang didukung oleh badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, Radio Denmark melaporkan dalam sebuah film dokumenter baru berjudul 'The Search for Myself'.

Secara keseluruhan, penelitian yang dimulai pada awal 1960-an dan dimaksudkan untuk menyelidiki hubungan antara faktor keturunan dan lingkungan dalam perkembangan skizofrenia, melibatkan 311 anak-anak Denmark.

Pemeriksaan berlangsung di ruang bawah tanah di Rumah Sakit Kota di Kopenhagen, Denmark. Banyak yang diadopsi atau tinggal di panti asuhan terdekat, Radio Denmark melaporkan.

Pembuat film Per Wennick, yang berpartisipasi dalam eksperimen ini sebagai seorang anak, ingat pernah ditempatkan di kursi, memasang elektroda di lengan, kaki dan dadanya di sekitar jantung dan harus mendengarkan suara keras dan melengking. Tes itu dimaksudkan untuk mengungkapkan apakah seorang anak memiliki sifat psikopat.

"Itu sangat tidak nyaman. Dan itu bukan hanya kisah saya, ini kisah banyak anak", kata Wennick kepada Radio Denmark, seperti dikutip dari Sputnik News 30 Desember.

Menurut pengakuannya, dia dijanjikan 'sesuatu yang lucu' sebelum dibawa ke rumah sakit.

"Saya pikir ini adalah pelanggaran hak saya sebagai warga negara di masyarakat ini. Saya merasa sangat aneh bahwa beberapa orang harus tahu lebih banyak tentang saya daripada yang saya sendiri sadari," ungkapnya.

Hebatnya, anak-anak tidak diberitahu apa penelitian mereka terlibat, bahkan setelah percobaan berakhir.

Sementara itu, sejarawan, PhD, dan inspektur museum di Museum Kesejahteraan Denmark, Jacob Knage Rasmussen, ini adalah kasus pertama yang didokumentasikan dari anak-anak di bawah perawatan khusus yang telah digunakan untuk eksperimen penelitian reguler di Denmark.

"Saya tidak tahu upaya serupa, baik di Denmark maupun di Skandinavia. Ini adalah informasi yang mengerikan yang bertentangan dengan Kode Nuremberg 1947, yang setelah Perang Dunia II menetapkan beberapa batasan etis untuk eksperimen pada manusia. Antara lain, persetujuan berdasarkan informasi," jelas Knage Rasmussen kepada Radio Denmark, menekankan kerentanan kelompok dalam tahanan negara, yang tidak punya siapa-siapa untuk mengeluh.

Radio Denmark memuji psikolog AS Zarnoff A. Mednick, yang saat itu menjadi profesor di Universitas Michigan, dengan gagasan di balik proyek penelitian. Mednick tertarik pada apa yang sebenarnya membedakan pasien skizofrenia dengan pasien dengan gangguan lain dan orang sehat.

Tidak dapat menemukan kelompok belajar yang cocok di AS, ia mencari Fini Schulsinger, seorang profesor Denmark di Rumah Sakit Kota. Bersama-sama, mereka membentuk kolaborasi penelitian Denmark-AS selama beberapa dekade di tanah Denmark.

Menurut Wennick dan Arsip Nasional, proyek penelitian ini dibiayai bersama oleh layanan kesehatan AS. Pada tahun pertama saja, proyek ini didukung dengan jumlah yang saat ini setara dengan 4,6 juta Danish krone atau 700.000 dolar AS. Selanjutnya, menerima dana dari Dana Ekologi Manusia, dioperasikan atas nama CIA.

Pada tahun 1977, eksperimen tersebut menghasilkan disertasi doktoral oleh psikiater Denmark Fini Schulsinger yang disebut "Studies to shed light on the connection between heredity and environment in psychiatry."

Menurut Wennick, ia berhasil menemukan bahan penelitian di 36 kotak di Pusat Psikiatri Glostrup di Hvidovre, tetapi pusat itu sudah mulai mencabik-cabik data, memicu kritik.

Kent Kristensen, profesor Hukum Kesehatan di University of Southern Denmark, memberanikan diri bahwa merobek-robek dalam kasus ini merupakan pelanggaran hukum. Adapun sejarawan Jacob Knage Rasmussen menekankan hal itu membuat para korban kehilangan masa lalu mereka.