Siap-siap! Malam Tahun Baru, Jakarta Akan Dibuat Sepi Selama 6 Jam, Ada Apa?
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo (Foto: DOK VOI/Rizky AP)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal membuat Jakarta sepi di masa pergantian tahun dengan menerapkan skema Crowd Free Night (CFN) dan menutup beberapa lokasi wisata. Skema ini pun diterapkan selama 6 jam.

"(Pemberlakuan CFN, red) Dimulai pukul 22.00 WIB sampai 04.00 WIB," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu, 22 Desember.

Dalam skema itu, ada beberapa lokasi yang bakal ditutup. Semisal, Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Mulawarman Senopati, SCBD satu kawasan, dan Menteng.

Kemudian, kawasan Cikini Raya, Sabang, Kemayoran, Asia-Afrika, Bulungan, Barito, Kemang, Banjir Kanal Timur, dan Kota Tua.

Nantinya, dalam penerapan skema itu, tempat hiburan seperti karaoke dan kafe hanya boleh beroperasi hingga pukul 22.00 WIB. Setelah melewati batas waktu, petugas akan menutup kawasan itu sehingga tidak ada masyarakat yang bisa masuk.

"Orang luar nggak boleh masuk tapi dari dalam boleh keluar. Nanti ada petugas sisir satu-satu kafe. Agar pukul 22.00 WIB Kafe tutup dan sepi pengunjung, sehingga tak ada pesta kembang api," kata Sambodo.