Gantikan Senapan Mesin M60 AS, K-16 Buatan Korea Selatan Miliki Akurasi Tinggi saat Malam atau Kondisi Berkabut
Ilustrasi tentara Korea Selatan menembakkan senapan mesin. (Wikimedia Commons/United States Marine Corps)

Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan pada Hari Rabu mulai mengerahkan senapan mesin kaliber 7,62 mm baru ke Angkatan Darat, di bawah sebuah proyek untuk menggantikan peralatan yang ada selama beberapa dekade dan memperkuat kemampuan tempur, kata badan pengadaan senjata.

Senapan mesin K-16 akan menggantikan senjata K-3 dan M60 buatan Amerika Serikat (AS) sebagai aset dasar kekuatan tembakan militer, pengganti pertama dalam tiga dekade, kata Defense Acquisition Program Administration (DAPA), mengutip Korea Times 15 Desember.

Jangkauan operasional senapan mesin K-16 30 persen lebih jauh dari K-3 dan kekuatan penghancurnya sekitar dua kali lipat dari K-3, menurut DAPA. Militer berencana untuk mengerahkan mereka ke semua angkatan bersenjata pada tahun 2024.

Senapan mesin baru akan dipasok bersama dengan teropong termal, yang akan memungkinkan pasukan untuk secara akurat mendeteksi target bahkan pada malam hari atau kondisi berkabut, sebut pemerintah.

Senapan mesin ini dikembangkan SNT Motiv Co., perusahaan pertahanan lokal, dengan teropong termal dipasok oleh Eo System Co. di bawah proyek pengadaan yang diperkirakan mencapai 124,2 miliar won atau sekitar 104,7 juta dolar AS.

"Dengan kekuatan, jangkauan, dan keandalan yang ditingkatkan secara signifikan, senapan mesin-II 7.62mm dan teropong termal pertama perusahaan akan meningkatkan kemampuan tempur unit kecil," sebut DAPA dalam siaran pers.

k-16 korea selatan
Model senapan mesin K-16. (Sumber: Defense Acquisition Program Administration)

Sementara itu, mengutip Aju Business Daily, teropong termal K16 menggabungkan kamera termografik kompak dan reticle bertujuan. Selain itu, Senapan mesin K16 dilengkapi dengan pegangan pertukaran untuk memfasilitasi pertukaran laras senapan. Ini dirancang untuk mengurangi nyala api dengan menerapkan deflektor blitz terbuka.

"Ada pertanyaan tentang senapan mesin K16 dari berbagai negara, dan kami akan memperluas ekspor berdasarkan pengiriman militer yang sukses ini," terang seorang pejabat SNT Motiv yang tidak disebutkan namanya dalam sebuah pernyataan, mengutip meningkatnya permintaan untuk senapan mesin 7,62 mm untuk tank, kendaraan lapis baja dan helikopter.

Untuk diketahui, model dasar K16 dapat digunakan untuk menekan pasukan massal selama pertempuran jarak dekat. Sementara, model koaksial K16E dioperasikan untuk mendukung pertempuran jarak dekat dari unit-unit mekanis. Senapan mesin koaksial dipasang pada dudukan koaksial sebagai senjata sekunder selain senjata utama kendaraan. Model K16D dipasang pada tank, kendaraan lapis baja, helikopter, dan kapal.