Produsen anti-Drone Israel Klaim Singkirkan Ancaman Drone saat Paus Fransiskus Misa Bersama Jemaah di Slovakia
Paus Fransiskus saat berada di Slovakia. (Sumber: Vatican Media via slmedia.org)

Bagikan:

JAKARTA - Teknologi perusahaan anti-drone Israel mengusir drone jahat yang mengganggu misa yang diadakan oleh Paus Fransiskus bersama 60.000 jamaah di Slovakia, The Jerusalem Post secara eksklusif dapat melaporkan.

Insiden yang sangat sensitif, yang dikelola dan diselesaikan oleh perusahaan anti-drone Israel D-Fend, terjadi pada 15 September, tetapi ketentuan pembatasan informasi karena sensitivitas, baru diungkap ke publik sekarang.

D-Fend mengatakan pihaknya bekerja dengan Kementerian Dalam Negeri Slovakia untuk melindungi paus, pengiringnya, dan hadirin dari ancaman drone jahat di berbagai acara di Slovakia dari 12-15 September, yang berpuncak pada Misa terbuka di aštín, rumah bagi Kuil Maria Nasional. Turut serta dalam kegiatan itu 90 Uskup dan 500 imam.

Produk EnforceAir yang dikembangkan oleh D-Fend dikerahkan dengan kit taktis di permukaan tanah untuk memberikan cakupan 360 derajat.

Selain kerumunan yang meluap, ada beberapa tantangan keamanan kontra-drone, termasuk banyak antena dan sistem komunikasi di daerah itu, dengan lingkungan interferensi frekuensi radio yang tinggi, kata D-Fend, mengutip The Jerusalem Post 13 Desember.

D-Fend mengatakan beberapa drone diidentifikasi di dekat acara tersebut, tetapi polisi setempat segera mengidentifikasi mereka sebagai yang berwenang dan 'ramah'.

Teknologi EnforceAir mengenali dan mengizinkan drone resmi untuk beroperasi di wilayah udara, dengan memfokuskan kemampuan pertahanannya untuk mengurangi drone nakal.

Sejurus kemudian, sebuah drone do-it-yourself yang sebelumnya tidak terlihat terdeteksi oleh EnforceAir selama misa. Awalnya, ketika polisi memutuskan untuk mengurangi potensi ancaman, mereka mempertimbangkan untuk menggunakan solusi berbasis jammer.

Namun, mereka dengan cepat mengubah pendekatan, menyadari jammer semacam itu berpotensi mengganggu sistem komunikasi yang beroperasi di daerah tersebut. Mereka juga khawatir tentang penghentian transmisi media seputar pidato Paus Fransiskus selama misa, serta mengganggu stasiun pangkalan keamanan, yang dapat menciptakan risiko keamanan yang terpisah.

"EnforceAir menangkis drone jahat itu, mengirimnya kembali ke posisi lepas landas aslinya, jauh dari kerumunan besar," ungkap D-Fend.

"Melindungi acara terkenal seperti itu adalah yang paling penting, jadi kami ingin memanfaatkan teknologi kontra-drone yang paling cocok untuk acara yang ramai dan situasi sensitif,” kata seorang perwakilan dari kantor yang bertanggung jawab atas perlindungan Paus Fransiskus selama kunjungannya di Slovakia.

"Solusi inovatif EnforceAir mengendalikan drone jahat yang mengancam potensi keselamatan Paus, kerumunan dan VIP yang hadir, dengan cepat dan mudah," sambung perusahaan.

Sementara itu, Ketua dan CEO D-Fend Zohar Halachmi mengatakan, "Merupakan suatu kehormatan untuk dipercaya menjaga acara penting seperti itu dan untuk membantu pelanggan keamanan dalam negeri dan penegakan hukum kami. Praktik terbaik yang kami pelajari dari meminta klien menggunakan teknologi kami, untuk melindungi VIP di acara besar di seluruh dunia telah dimasukkan ke dalam EnforceAir."

Perusahaan itu mengatakan, "Insiden tersebut mencerminkan meningkatnya bahaya yang ditimbulkan oleh drone kepada pejabat di seluruh dunia dan terhadap peristiwa besar. Insiden itu berakhir dengan aman karena teknologi counter-drone yang dikerahkan oleh D-Fend di lokasi kejadian. KTT G7 juga memanfaatkan teknologi D-Fend untuk melindungi para pemimpin dunia musim panas ini."

Menurut D-Fend, "Drone menimbulkan ancaman yang meningkat terhadap keamanan nasional di seluruh dunia – terhadap infrastruktur kritis, warga sipil, dan sekarang bagi para pemimpin."

Perusahaan anti-drone mencatat upaya baru-baru ini untuk membunuh Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro, juga menggunakan drone.