Tentang Rezim Militer, Penduduk Myanmar Lancarkan Pemogokan Serentak dan 'Kampanye Hitam' Hari Ini
Unjuk rasa menolak kudeta militer di Myanmar. (Wikimedia Commons/သူထွန်း)

Bagikan:

JAKARTA - Warga di seluruh penjuru Myanmar bersumpah untuk mengambil bagian dalam "pemogokan diam" pada Hari Jumat, dengan banyak bisnis dan toko mengumumkan mereka akan tutup, berencana untuk tinggal di rumah dengan tujuan menutup seluruh kota simbol penolakan mereka terhadap kekuasaan militer.

Bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia, yang jatuh pada 10 Desember, pemogokan adalah upaya yang disengaja rakyat Myanmar untuk menentang rezim militer, memperjelas mereka tidak memiliki wewenang untuk mengatur kehidupan dan kegiatan masyarakat.

Sebuah slogan yang terkait dengan pemogokan menyatakan: "Kami memiliki kota kami. Tetap aktif atau diam adalah pilihan kita. Mereka [rezim] sama sekali tidak akan pernah diizinkan untuk memerintah," mengutip The Irrawaddy 9 Desember.

Tim Administrasi Rakyat Homalin di Wilayah Sagaing, yang dibentuk oleh pengunjuk rasa anti-rezim mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Hari Rabu, mereka mendesak penduduk setempat untuk bergabung dalam pemogokan.

"Pada Hari Jumat, ketika dunia menegaskan kembali komitmennya untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia. untuk semua orang, rakyat Myanmar akan terus menghadapi pusaran penindasan dan kekejaman hak asasi manusia oleh junta, yang dituduh melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Oleh karena itu, pemogokan diam direncanakan pada hari itu untuk menunjukkan perlawanan rakyat Myanmar yang berkelanjutan terhadap junta," bunyi pernyataan tersebut.

Sementara itu, komite pemogokan umum, serta serikat mahasiswa dan kelompok administrasi publik lokal di seluruh negeri, telah mendesak masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah dan bisnis tutup dari pukul 10 pagi hingga 4 sore. pada Hari Jumat, untuk menunjukkan solidaritas dengan pemogokan diam.

"Suara bisu adalah yang paling keras. Melalui pemogokan, kami akan menunjukkan bahwa kami tidak membiarkan darah kami menjadi dingin (dan menjadi puas diri), bahwa hak asasi manusia telah padam (di tangan junta), dan kami akan mengingat kami martir heroik yang mengorbankan hidup mereka dalam revolusi," cetus Tayzar San, seorang pemimpin protes terkemuka dari Mandalay.

kudeta myanmar
Ilustrasi bentrok warga sipil dengan pasukan rezim militer Myanmar (Wikimedia Commons/VOA News)

Tindakan kebrutalan terbaru rezim militer, menabrak kendaraan ke sekelompok pengunjuk rasa di Yangon pada Hari Minggu dan membakar penduduk desa sampai mati di Salingyi, Wilayah Sagaing pada Hari Selasa, telah memicu kemarahan dan membuat seruan untuk mogok menjadi viral, baik online maupun online. dari mulut ke mulut di pasar dan di antara vendor.

Banyak pemilik bisnis dan toko, serta penjual dan vendor online, mengatakan pada hari Rabu dan Kamis, mereka akan mengambil cuti pada hari Jumat, sementara yang lain mengatakan mereka akan tinggal di rumah untuk berpartisipasi dalam pemogokan.

Tak hanya itu, para aktivis dan warga sipil lainnya juga berencana untuk menggelar 'Kampanye Hitam' pada hari ini, di mana mereka akan memposting foto diri mereka mengenakan pakaian hitam dan memberi hormat tiga jari perlawanan.

Sebagai tanggapan, pasukan rezim militer dilaporkan mengeluarkan ancaman terhadap vendor di Wilayah Magwe, memperingatkan mereka untuk membuka kios mereka.

Untuk diketahui, militer merebut kekuasaan dari pemerintah yang dipilih secara demokratis yang dipimpin oleh Daw Aung San Suu Kyi pada 1 Februari dan membentuk apa yang disebut badan pemerintahan, Dewan Administrasi Negara.

Berjuang untuk memerintah negara dalam menghadapi perlawanan publik, rezim dalam beberapa bulan terakhir meningkatkan tindakan kerasnya terhadap penentang kekuasaannya.

Menurut data Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP), pasukan rezim telah membunuh setidaknya 1.318 warga sipil dan menangkap sekitar 10.700 orang selama 10 bulan terakhir.

Kudeta Myanmar. Redaksi VOI terus memantau situasi politik di salah satu negara anggota ASEAN itu. Korban dari warga sipil terus berjatuhan. Pembaca bisa mengikuti berita seputar kudeta militer Myanmar dengan mengetuk tautan ini.