Cegah Lonjakan Infeksi Varian Omicron, Norwegia Terapkan Penguncian Parsial
Ilustrasi sentra vaksinasi COVID-19 di Norwegia. (Wikimedia Commons/Premeditated)

Bagikan:

JAKARTA - Norwegia memperketat pembatasan dan mempercepat vaksinasi COVID-19, guna membatasi lonjakan varian Omicron dari virus corona, Perdana Menteri Jonas Gahr Stoere mengatakan pada Hari Senin.

Menyajikan langkah-langkah putaran keempat dalam dua minggu, pemerintah mengumumkan larangan menyajikan alkohol di bar dan restoran, penutupan pusat kebugaran dan kolam renang untuk sebagian besar pengguna dan aturan yang lebih ketat di sekolah.

"Tidak diragukan lagi, varian baru mengubah aturan. Itu sebabnya kami harus bertindak cepat dan kami perlu bertindak lagi," kata Stoere dalam konferensi pers," ujar PM Jonas mengutip Reuters 14 Desember.

"Bagi banyak orang, ini akan terasa seperti penguncian, jika bukan masyarakat, maka kehidupan mereka dan mata pencaharian mereka," sambungnya.

Inggris pada hari Senin mencatat kematian pertama yang dikonfirmasi secara publik secara global dari strain yang menyebar dengan cepat.

Pembatasan baru Norwegia dapat menimbulkan keraguan pada rencana bank sentral untuk menaikkan suku bunga akhir pekan ini, kata DNB Markets. Mata uang norwegia melemah 0,9 persen pada siang hari karena berita tentang langkah-langkah baru muncul.

Untuk mempercepat vaksinasi dengan dosis booster, pemerintah mengatakan angkatan bersenjata, serta apotek, akan membantu dalam kampanye inokulasi. Pada saat yang sama, karantina akan diterapkan secara lebih luas, tambah pemerintah.

BACA JUGA:


- https://voi.id/berita/113174/israel-cabut-fasilitas-mobil-sopir-hingga-pengawal-untuk-istri-dan-anak-mantan-pm-netanyahu-meski-ada-ancaman

- https://voi.id/berita/112544/tuduh-ukraina-memobilisasi-artileri-rusia-negosiasi-penyelesaian-damai-menemui-jalan-buntu

- https://voi.id/berita/112550/ungkap-ada-staf-cia-bekerja-di-pemerintahan-rusia-pada-1990-an-presiden-putin-saya-membersihkan-semuanya

- https://voi.id/berita/112532/tegas-peringatkan-rusia-untuk-tidak-menginvasi-ukraina-menteri-pertahanan-inggris-saya-tidak-ingin-melihat-perang

- https://voi.id/berita/112529/tentang-rezim-militer-penduduk-myanmar-lancarkan-pemogokan-serentak-dan-kampanye-hitam-hari-in

Norwegia mencatat rekor tertinggi baik dalam hal infeksi COVID-19 baru dan rawat inap, sebagian karena penyebaran varian Omicron, yang diperkirakan akan menjadi varian dominan dalam beberapa hari mendatang.

"Kurangnya tindakan sekarang dapat menyebabkan konsekuensi negatif yang besar bagi masyarakat, tidak hanya untuk layanan kesehatan dan kota," jelas Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI).

Kecuali langkah-langkah efektif ditetapkan, negara berpenduduk 5,4 juta orang itu berisiko memiliki antara 90.000 dan 300.000 kasus COVID-19 baru setiap hari mulai awal Januari, tambah FHI.