Jokowi: Pemerintah Tidak Pernah Main-main Berantas Korupsi
Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR (Foto Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan upaya pemberantasan korupsi yang terus digencarkan. Penegakan hukum menurutnya harus dilakukan.

“Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi. Upaya pencegahan harus ditingkatkan melalui tata kelola yang sederhana, transparan dan efisien. Hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu,” kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 14 Agustus.

Jokowi mengatakan ekosistem nasional yang produktif dan inovatif tidak mungkin tumbuh tanpa ekosistem hukum, politik, kebudayaan dan pendidikan yang kondusif. Fleksibilitas yang tinggi dan birokrasi yang sederhana menurutnya tidak bisa dipertukarkan dengan kepastian hukum, antikorupsi dan pendidikan yang kondusif.

“Semua kebijakan harus mengedepankan ramah lingkungan dan perlindungan HAM. Kecepatan dan ketepatan tidak bisa dipertukarkan dengan kecerobohan dan kesewenang-wenangan,” sambung Jokowi. 

Selain itu, Jokowi mengatakan penegakan nilai demokrasi yang tak bisa ditawar. Demokrasi bagi Jokowi harus tetap berjalan dengan baik tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum.

Masyarakat, kata Jokowi juga bisa berpartisipasi menumbuhkan kebangsaan yang kuat. Salah satunya dengan membeli produk dalam negeri.

“Tujuan besar tersebut hanya bisa dicapai melalui kerja sama seluruh komponen bangsa dengan gotong royong, saling membantu dan saling mengingatkan dalam kebaikan dan tujuan yang mulia,” tutur dia.